Akselerasi Digital, UMKM Kuliner Ini Tumbuh Selama Pandemi – Kesulitan yang dialami seseorang bisa berbuah manis hingga melahirkan produk dan menumbuhkan bisnis yang terus berkembang hingga saat ini.
Adalah Jessica FS, Pemilik Toko Grandvilleabon yang menjadi salah satu UMKM Shopee. Usaha F&B miliknya ini dimulai dibangun pada tahun 2018 di Surabaya, Jawa Timur. Ada kisah menarik di baliknya, yaitu berawal dari berjualan secara offline di pasar tradisional, hingga akhirnya masuk ke bisnis online di tengah pandemi.
“Kebutuhan pangan masyarakat Indonesia, khususnya anak, menjadi hal esensial dan prioritas yang perlu dipenuhi setiap harinya. Saya melihat langsung bagaimana berjualan secara online membantu bisnis saya berkembang dengan optimal. Terima kasih Shopee telah mendampingi Grandvilleabon,” katanya di Jakarta, Rabu (1/9/2021).
Berawal dari kesulitannya untuk memberikan makanan yang disukai anaknya yang berusia 5 tahun, membuatnya lahir dengan ide untuk bisa menciptakan makanan yang dapat disukai oleh anaknya. Setelah mencoba berbagai resep, akhirnya Jessica berhasil menciptakan olahan daging berupa Abon Sapi yang kemudian dijadikan sebagai bisnis Grandvilleabon.
Jessica memulai bisnis Grandvilleabon secara offline, namun tidak cukup berkembang dari segi jangkauan. Hal tersebut mendorongnya untuk bisa mengembangkan bisnis Grandvilleabon secara digital. Dorong Digitalisasi UMKM Kuliner, Shopee Bantu Grandvilleabon Berkembang Hingga Mampu Pekerjakan 12 Karyawan
Bagi Jessica FS, untuk dapat mempertahankan bisnis di era digital saat ini, perlu adanya penyesuaian strategi bisnis dan juga dukungan dari karyawannya. Dia memutar otak dengan turut menyesuaikan berbagai strategi pemasaran yang dapat membantunya mengembangkan bisnis secara optimal.
Mengawali bisnisnya di pasar tradisional secara offline, Ia mengaku cukup sulit untuk bisa menjangkau segmen pelanggan yang lebih luas karena keterbatasan media promosi dan sistem pengirimannya. Namun, putusannya dalam bergabung bersama Shopee untuk mulai membesarkan bisnisnya secara digital, ternyata membuahkan hasil yang signifikan.
Berkat usahanya onlinenya yang berkembang, Jessica kini mampu membuka lapangan pekerjaan bagi 12 orang karyawannya di tengah pandemi. Bersama 12 karyawannya Jessica mengembangkan bisnis Grandvilleabon, dan juga didukung oleh Shopee melalui edukasi dan pendampingan berkelanjutan.
Beberapa ilmu yang diajarkan Shopee dan manfaatnya mampu dirasakan Jessica adalah tentang cara efektif untuk menjalankan bisnis melalui penerapan literasi digital, strategi efektif untuk optimalisasi penjualan, cara pengemasan barang yang baik, hingga sistem pengiriman yang efisien.
Pelatihan yang diberikan Shopee ini membuat Jessica paham kebiasaan dan keinginan pasar, sehingga bisnisnya terus tumbuh. “Awalnya saya hanya modal nekat saja untuk coba menjual produk Abon Sapi ini secara offline, namun tidak berkembang secara pesat karena penjualan hanya terjadi di pasar itu saja. Karena saya ingin bisa menjangkau pasar yang luas, saya memutuskan untuk berjualan secara online bersama Shopee, demi menjangkau cakupan penjualan secara nasional,” katanya.
Dia mengaku bisa menjangkau pasar lebih luas melalui platform digital. Perkembangan Grandvilleabon bersama Shopee selama hampir 3 tahun telah mengalami peningkatan yang signifikan. Sejalan dengan mandat Presiden Joko Widodo untuk akselerasi digitalisasi UMKM Pangan di Indonesia yang disampaikan olehnya di Rapat Koordinasi Nasional hari Rabu 25 Agustus 2021 lalu, Grandvilleabon menjadi salah satu bukti nyata dari kontribusi pihak pelaku UMKM yang didukung oleh platform e-commerce, Shopee, untuk bisa turut merealisasikan terciptanya digitalisasi UMKM untuk sektor makanan.
Grandvilleabon senantiasa didukung dan didampingi oleh Shopee agar bisa berkembang secara optimal, melalui program edukasi berkesinambungan yang diberikan kepada Jessica dari Grandvilleabon. Selain mengembangkan variasi produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar, melalui program edukasi yang diberikan oleh Shopee, Grandvilleabon secara efektif dapat mengembangkan model bisnisnya secara digital melalui arahan dan solusi untuk strategi pemasaran seperti Instagram ads, facebook ads, google ads, hingga berpartisipasi di beberapa kampanye Shopee, untuk memeroleh traffic meningkatkan penjualan produk, yang senantiasa dibimbing oleh Shopee.
“Dimulai dari hal yang sederhana jika sudah memiliki produk dengan cara membuat toko terlebih dahulu dan kemudian giat mempelajari bagaimana cara untuk mengembangkan bisnisnya secara digital. Tidak perlu takut untuk memulai bisnis dari hal kecil hingga nantinya akan tumbuh berkembang, seperti apa yang saya alami bersama Shopee,” pungkasnya.