Example floating
Example floating
Life Style

Mengenal Lebih Dekat Metode Kakeibo, Teknik Pengelolaan Keuangan dari Jepang

×

Mengenal Lebih Dekat Metode Kakeibo, Teknik Pengelolaan Keuangan dari Jepang

Sebarkan artikel ini
Mengenal Lebih Dekat Metode Kakeibo, Teknik Pengelolaan Keuangan dari Jepang
Mengenal Lebih Dekat Metode Kakeibo, Teknik Pengelolaan Keuangan dari Jepang
Example 468x60

MEMO

Ingin tahu bagaimana cara orang Jepang bisa begitu disiplin dalam mengelola keuangan mereka? Metode Kakeibo bisa menjadi jawabannya. Metode tradisional ini membantu Anda mengontrol pengeluaran dan meningkatkan kemampuan menabung tanpa bantuan teknologi digital. Pelajari lebih lanjut tentang cara mengelola keuangan ala Jepang dan terapkan metode Kakeibo dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Example 300x600

Manfaat Kakeibo dalam Pengelolaan Keuangan Pribadi

Warga Jepang dikenal dengan kedisiplinan yang tinggi, termasuk dalam hal mengelola keuangan pribadi mereka. Budaya menabung yang bijak dan disiplin dalam pengelolaan keuangan menjadi kunci sukses mereka. Salah satu metode yang sangat terkenal di Jepang dan kini telah diadopsi di banyak negara lain adalah Kakeibo.

Kakeibo adalah metode perencanaan keuangan yang membantu seseorang mengelola uang dengan cermat, menjaga pengeluaran tetap terkendali, dan meningkatkan kemampuan menabung.

Seperti halnya budgeting keuangan pada umumnya, tujuan kakeibo adalah membantu kita memahami hubungan kita dengan uang dengan mencatat semua pengeluaran dan pemasukan. Namun, yang membuat kakeibo berbeda adalah metode ini tidak menggunakan teknologi digital seperti aplikasi atau spreadsheet. Kakeibo menekankan pentingnya menuliskan sesuatu secara fisik – sebagai cara meditatif untuk memproses dan mengamati kebiasaan belanja kita.

Menurut metode kakeibo, sebelum membeli sesuatu, kita harus bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan berikut:

  • Bisakah saya hidup tanpa barang ini?
  • Berdasarkan situasi keuangan saya saat ini, apakah saya mampu membelinya?
  • Apakah saya benar-benar akan menggunakannya?
  • Apakah saya punya tempat untuk barang ini?
  • Bagaimana saya pertama kali mengetahui barang ini? (Apakah saya melihatnya di media sosial? Apakah saya menemukannya saat jalan-jalan di mall karena bosan?)
  • Bagaimana keadaan emosi saya hari ini? (Tenang? Stres? Lega? Merasa buruk tentang diri sendiri?)
  • Bagaimana perasaan saya setelah membeli barang ini? (Senang? Bersemangat? Biasa saja? Dan berapa lama perasaan ini akan bertahan?)

Cara Menabung Ala Orang Jepang

Mencatat Seluruh Pemasukan
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencatat seluruh pemasukan di awal bulan, baik dari gaji bulanan maupun penghasilan tambahan. Metode Kakeibo menyarankan untuk menulis secara manual menggunakan pena atau pensil di buku agar kita benar-benar meresapi apa yang dicatat.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.