Example floating
Example floating
Berita

Investor Dunia Kewalahan, Indonesia Menjadi Magnet Investasi di Tahun Politik!

×

Investor Dunia Kewalahan, Indonesia Menjadi Magnet Investasi di Tahun Politik!

Sebarkan artikel ini
Investor Dunia Kewalahan, Indonesia Menjadi Magnet Investasi di Tahun Politik!
Investor Dunia Kewalahan, Indonesia Menjadi Magnet Investasi di Tahun Politik!
Example 468x60

MEMO

Investasi asing di Indonesia terus menunjukkan daya tariknya, bahkan di tengah situasi global yang penuh ketidakpastian dan tahun politik. Kementerian Investasi dan BKPM merilis data menarik yang mengungkapkan pertumbuhan pesat dalam investasi asing dan dalam negeri di tanah air.

Example 300x600

Dalam kesimpulan artikel ini, kita akan mengeksplorasi tren kenaikan investasi, serta sektor-sektor yang menjadi tujuan investasi, yang semuanya berkontribusi pada perkembangan ekonomi Indonesia.

Pertumbuhan Investasi Asing dan Dalam Negeri yang Fenomenal di Indonesia

Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan bahwa investor asing masih menunjukkan minat yang kuat terhadap Indonesia, meskipun situasi global saat ini penuh ketidakpastian. Selain itu, Pemilihan Umum (Pemilu) di dalam negeri juga menjadi alasan bagi para investor untuk bersikap hati-hati dan menunggu perkembangan.

Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi, mengungkapkan bahwa fenomena ini mungkin merupakan yang pertama kali terjadi dalam sejarah bangsa kita. Meskipun kita memasuki tahun politik, minat dari dunia internasional terhadap investasi di Indonesia tetap tinggi, yang ditandai dengan pencapaian investasi yang luar biasa. Beliau menyatakan hal ini dalam sebuah konferensi pers pada hari Jumat, tanggal 20 Oktober 2023.

Menurut data yang dihimpun oleh BKPM, investasi asing atau penyertaan modal asing (PMA) mencapai jumlah sebesar Rp 196,2 triliun pada kuartal ketiga tahun 2023. Angka ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2022, yang mencapai Rp 168,9 triliun, dan juga lebih tinggi dari kuartal kedua tahun 2023 sebesar Rp 186,3 triliun. Terlihat bahwa PMA terus mengalami peningkatan sejak kuartal ketiga tahun 2021.

Bahlil Lahadalia menekankan bahwa meskipun biasanya dalam tahun politik, para investor akan bersikap hati-hati dan menunggu perkembangan, namun situasi saat ini berbeda. Mereka tidak hanya bersikap hati-hati, melainkan juga bersifat agresif dalam melakukan investasi di Indonesia.

Tren Peningkatan Investasi Asing dan PMDN serta Dampaknya di Indonesia

Tren yang sama juga terlihat dalam Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), dengan pencapaian investasi mencapai jumlah sebesar Rp 178,2 triliun. Secara geografis, investasi di luar Pulau Jawa mencapai Rp 190,9 triliun, sementara di Pulau Jawa mencapai Rp 183,5 triliun.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.