Example floating
Example floating
EKONOMI

Skandal Keuangan Terbaru: BCA Kena Denda 100 Juta Terkait PT BAM!

×

Skandal Keuangan Terbaru: BCA Kena Denda 100 Juta Terkait PT BAM!

Sebarkan artikel ini
Skandal Keuangan Terbaru: BCA Kena Denda 100 Juta Terkait PT BAM!
Skandal Keuangan Terbaru: BCA Kena Denda 100 Juta Terkait PT BAM!
Example 468x60

MEMO

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru-baru ini mengenakan sanksi denda sebesar Rp100 juta kepada PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam konteks pelanggaran peraturan pasar modal yang melibatkan PT Berlian Aset Manajemen (BAM).

Example 300x600

Keputusan ini menjadi sorotan utama dalam dunia keuangan, dengan OJK memberikan waktu maksimal 6 bulan kepada PT BAM untuk mematuhi perintah tertulis atau menghadapi pencabutan izin usaha. Ini adalah upaya serius OJK untuk menjaga integritas dan kepatuhan di pasar modal.

OJK Menghukum Bank Central Asia atas Pelanggaran Pasar Modal

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru-baru ini menjatuhkan denda sebesar Rp100 juta kepada PT Bank Central Asia Tbk atau BCA pada tanggal 13 Oktober 2023. Kasus ini melibatkan pelanggaran peraturan di bidang pasar modal yang dilakukan oleh PT Berlian Aset Manajemen, yang mana BCA bertindak sebagai bank kustodian untuk PT BAM.

Menurut informasi yang diambil dari situs resmi OJK pada Selasa (17/10), PT Bank Central Asia Tbk, selaku bank kustodian, dikenakan sanksi administrasi berupa denda sebesar Rp100 juta. Hal ini dikarenakan mereka terbukti melanggar Pasal 8 ayat (1) dan Pasal 8 ayat (3) POJK Nomor 23/POJK.04/2016.

Di sisi lain, PT Berlian Aset Manajemen (BAM) juga dikenai denda sebesar Rp525 juta. OJK memberikan waktu maksimal 6 bulan kepada perusahaan ini untuk segera membubarkan reksa dana berlian khatulistiwa saham dan membayar dana hasil likuidasi yang seharusnya menjadi hak pemegang unit penyertaan.

OJK juga telah memerintahkan PT Berlian Aset Manajemen untuk secara rutin melaporkan progres pelaksanaan perintah tertulis tersebut setiap bulan. Jika dalam waktu 6 bulan perusahaan ini tidak dapat menyelesaikan perintah tersebut, maka izin usaha PT BAM akan dicabut.

Denda BCA dan Ancaman Pencabutan Izin bagi PT BAM

Selain itu, Direktur Utama PT BAM, Retno Dewi, dan Direktur PT BAM, Arsoni Chrinarto, dikenakan sanksi sebesar Rp125 juta secara bersama-sama. Keduanya telah diberikan instruksi tertulis untuk segera menyelesaikan perintah tertulis dari OJK terkait kasus ini.

Kasus ini melibatkan beberapa pelanggaran terhadap ketentuan pasar modal, termasuk Pasal 24 POJK Nomor 23/POJK.04/2016 dan Pasal 6 ayat (1) huruf d POJK Nomor 23/POJK.04/2016 yang telah diubah dan diatur dalam POJK Nomor 2/POJK.04/2020.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.