Example floating
Example floating
BeritaJakarta

Rahasia KTT ASEAN 2023: AOIP, Stabilitas Indo-Pasifik, dan Investasi Megah

×

Rahasia KTT ASEAN 2023: AOIP, Stabilitas Indo-Pasifik, dan Investasi Megah

Sebarkan artikel ini
Rahasia KTT ASEAN 2023: AOIP, Stabilitas Indo-Pasifik, dan Investasi Megah
Example 468x60

MEMO,Jakarta:   Dalam KTT ASEAN 2023, AOIP (ASEAN Outlook on the Indo-Pacific) menjadi fokus utama. AOIP memegang kunci untuk stabilitas Indo-Pasifik dan investasi ASEAN yang megah.

Mengungkap Strategi ASEAN Melalui AOIP untuk Stabilitas Indo-Pasifik

Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik (AOIP) merupakan salah satu dari tiga pilar kepemimpinan Indonesia bersama dengan Masalah ASEAN dan Episentrum Pertumbuhan.

Example 300x600

AOIP bertujuan untuk menguatkan peran ASEAN dalam menjaga stabilitas di kawasan sekaligus berkontribusi pada kemajuan dan kemakmuran Indo-Pasifik.

Investasi dan Prioritas AOIP: Pilar Kemakmuran ASEAN di Era Baru

“ASEAN ingin melibatkan negara-negara besar untuk bekerja sama di wilayah Indo-Pasifik dengan prinsip-prinsip utama AOIP, seperti memperkuat sentralitas ASEAN, mendorong keterbukaan, inklusivitas, transparansi, non-intervensi, dan menghormati hukum internasional,” ujar Chery Sidharta, Direktur Kerja Sama Eksternal ASEAN di Kementerian Luar Negeri. Dia mengemukakan pandangan ini menjelang KTT ke-43 ASEAN yang akan berlangsung mulai 5-7 September 2023 di Jakarta pada hari Senin (4/9/2023).

Prinsip-prinsip ini, katanya, menjadi pedoman bagi ASEAN untuk menghadapi berbagai tantangan dan menekankan bahwa ASEAN tidak memihak kepada negara besar mana pun. Langkah ini diambil untuk menjaga perdamaian di wilayah Indo-Pasifik.

Menurutnya, AOIP semakin relevan di tengah tantangan-tantangan baru seperti pemisahan ekonomi antara Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok di berbagai sektor, dampak perang di Ukraina, serta kekhawatiran terkait perkembangan kekuatan militer dan penyebaran senjata nuklir di sekitar kawasan.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.