Example floating
Example floating
Berita

Revolusi Energi Terbaru: PLTU Sumsel-8 Siap Menggebrak Mulai September!

×

Revolusi Energi Terbaru: PLTU Sumsel-8 Siap Menggebrak Mulai September!

Sebarkan artikel ini
Revolusi Energi Terbaru: PLTU Sumsel-8 Siap Menggebrak Mulai September!
Revolusi Energi Terbaru: PLTU Sumsel-8 Siap Menggebrak Mulai September!
Example 468x60

MEMO

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Sumsel-8, proyek ambisius dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA), siap menjalani tahap uji coba operasi menuju pencapaian target pentingnya. Dengan kapasitas besar 2 x 660 Mega Watt (MW), PLTU ini diproyeksikan untuk memulai operasi penuh pada bulan September 2023, membawa perubahan signifikan dalam pemanfaatan energi bersih dan ramah lingkungan di wilayah Sumatera Selatan.

Example 300x600

Menyusul langkah-langkah penting seperti sinkronisasi unit pertama dan penerusan tenaga listrik dari jalur SUTET 275 kV Lumut Balai-Muara Enim, proyek ini mengambil peran sentral dalam mewujudkan visi energi berkelanjutan.

Menuju Masa Depan Bersih: PLTU Sumsel-8 dan Transformasi Energi Sumatera Selatan

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengumumkan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Sumsel-8 dijadwalkan akan memulai operasinya pada bulan September 2023.

Niko Chandra, Sekretaris Perusahaan PTBA, mengungkapkan bahwa saat ini PLTU Mulut Tambang Sumsel-8 sedang menjalani tahap uji coba operasi atau Commissioning. Dengan langkah ini, PTBA memiliki rencana agar PLTU dengan kapasitas besar, yakni 2 x 660 Mega Watt (MW), dapat dioperasikan mulai bulan depan, tepatnya pada bulan September 2023.

“Dalam saat ini, PLTU Mulut Tambang Sumsel-8 sedang dalam tahap uji coba operasi yang dikenal sebagai Commissioning. Harapannya, PLTU dengan kapasitas besar ini akan mencapai status Commercial Operation Date (COD) pada bulan September 2023,” demikian diungkapkan oleh Niko pada hari Jumat (11/8/2023).

Sebelumnya, pada bulan Mei tahun 2023, PLN telah berhasil menyalurkan tegangan listrik sebagai tenaga penggerak melalui jalur SUTET 275 kV Lumut Balai-Muara Enim ke PLTU Tanjung Lalang. Pencapaian ini diungkapkan oleh Niko, dan dia menegaskan bahwa proses penyaluran ini telah berhasil dilakukan.

“Dalam bulan Mei 2023, berhasil dilakukan penyaluran tegangan listrik (Energize) sebagai umpan tenaga listrik dari PLN (Backfeeding Power) melalui jalur SUTET 275 kV Lumut Balai-Muara Enim ke PLTU Tanjung Lalang,” tambah Niko.

Proyek PLTU Sumsel-8: Langkah Menuju Operasi Penuh

Niko juga memberitahukan bahwa pihak mereka telah sukses melakukan sinkronisasi awal pada salah satu unit pembangkit. “Selanjutnya, juga telah dilakukan sinkronisasi awal (First Synchronization) pada 1 unit,” jelasnya.

PLTU Sumsel-8 memiliki peran penting dalam program pembangunan pembangkit listrik sebesar 35.000 MW. Teknologi yang digunakan dalam pembangkit ini adalah supercritical, yang dikenal efisien dan ramah lingkungan.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.