Example floating
Example floating
Berita

Ini Dia Rahasia Tersembunyi Penanganan Banjir Jakarta Terbaru!

×

Ini Dia Rahasia Tersembunyi Penanganan Banjir Jakarta Terbaru!

Sebarkan artikel ini
Ini Dia Rahasia Tersembunyi Penanganan Banjir Jakarta Terbaru!
Ini Dia Rahasia Tersembunyi Penanganan Banjir Jakarta Terbaru!
Example 468x60

MEMO

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti tantangan kompleks dalam penanganan banjir di DKI Jakarta. Meskipun proyek sodetan Sungai Ciliwung telah rampung, permasalahan banjir di ibu kota belum sepenuhnya teratasi. Presiden Jokowi memandang bahwa penanganan banjir di Jakarta harus melibatkan berbagai aspek, termasuk pembangunan waduk di luar wilayah Jakarta dan penanganan 12 sungai lainnya secara baik.

Example 300x600

Proyek Sodetan Ciliwung yang sempat terhenti selama 6 tahun akhirnya selesai, menyumbang solusi untuk sekitar 62% masalah banjir di Jakarta. Namun, tantangan banjir di Jakarta membutuhkan kerjasama antara Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara komprehensif.

Presiden Jokowi Ungkap Tantangan Kompleks di Balik Banjir Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa penanganan banjir di DKI Jakarta tidaklah mudah. Semua harus dimulai dari hulu hingga hilir.

Beliau mengungkapkan, walaupun proyek sodetan Sungai Ciliwung telah diselesaikan, bukan berarti permasalahan banjir di Jakarta sudah teratasi. Bahkan, menurut beliau, untuk membantu mengendalikan banjir di Jakarta, diperlukan pembangunan dua waduk di luar wilayah Jakarta, yaitu di Ciawi dan Sukamahi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Penanganan banjir di Jakarta belum cukup hanya dengan mengurus Sungai Ciliwung saja, karena ada 12 sungai lain yang juga perlu ditangani dengan baik,” ujar Jokowi saat meresmikan Proyek Sodetan Ciliwung di Jakarta pada hari Senin (31/7/2023).

“Beberapa di antaranya adalah sungai Sunter, Sungai Cipinang, Sungai Baru Barat, Sungai Baru Timur, sungai (saluran) Mookervart, sungai Pesanggrahan, dan lain-lain,” tambahnya.

Kompleksitas Penanganan Banjir di Jakarta Menurut Jokowi

Oleh karena itu, Presiden memerintahkan Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk bekerja sama dalam mengatasi permasalahan banjir di kota tersebut.

“Saya ingin menekankan lagi, penanganan banjir di Jakarta harus dilakukan secara bersama-sama oleh Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ini adalah persoalan yang sangat kompleks dan tidak mudah,” tegas Jokowi.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.