Example floating
Example floating
Travel

Kisah Sukses UKM Angkat Sensasi Daging Sapi Asap Dipanggang Batok Kelapa

×

Kisah Sukses UKM Angkat Sensasi Daging Sapi Asap Dipanggang Batok Kelapa

Sebarkan artikel ini
Kisah sukses UMKM angkat Sei Sapi kana kuliner khas Indonesia Timur
Example 468x60

Malang, Memo

Kisah Sukses UKM Angkat Sensasi Daging Sapi Asap Dipanggang Batok Kelapa – Se’i merupakan kuliner asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kuliner ini berupa irisan daging sapi asap yang dipanggang dengan batok kelapa selama berjam-jam dan kini menjadi kuliner ‘mahal’ yang mulai diakrabi pecinta olahan daging.

Sapi Kana Terobos Industri Kuliner Indonesia , Andalkan Platform Digital ,  Ambil Hati Anak Muda

Se’i Sapi Kana adalah pionir se’i daging sapi di beberapa tempat di Indonesia. Saat pertama kali diluncurkan di Yogyakarta tahun 2019, se’i Sapi Kana terus menerobos dunia kuliner di kota pelajar itu dengan menyediakan berbagai macam variasi menu.

Menu Andalan, Sambal Lu’at

Untuk sambal, mereka mempertahankan sambal asli dari Indonesia Timur, akni sambal Lu’at sebagai menu andalannya dan juga menyediakan varian lain seperti rica-rica, lada hitam, sambal hijau dan sambal matah.

Variasi menu ini tidak disangka sangat digemari dan diterima oleh masyarakat luas dan berkontribusi atas popularitas Se’i Sapi Kana secara umum. Perjalanan membawa se’i ke industri kuliner Indonesia juga didukung dengan kehadiran bisnis dan peluang di ranah digital.

Gandeng Platform Digital yang menawarkan Layanan Pesan Antar

Banyubiru, Head of Marketing dan RnD dari Se’i Sapi Kana mengaku dalam perjalanan pengembangan bisnis ini, ia fokus menggunakan media sosial sebagai alat promosi. Selain media sosial, Se’i Sapi Kana juga memanfaatkan peluang yang diberikan oleh platform digital yang menawarkan layanan pesan-antar daring seperti GrabFood untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Platform Digital Dorong Penjualan Dine-in

Alhasil, sekarang konsumen dapat menikmati kelezatan Se’i Sapi Kana hanya dengan beberapa kali klik saja di aplikasi GrabFood. Banyubiru menjelaskan mengapa bisnisnya menjadikan GrabFood sebagai platform utama untuk layanan pengantaran online.

Kehadiran Se’i Sapi Kana di platform digital telah menghasilkan kesadaran pasar yang lebih baik, sekaligus mendorong penjualan dine-in. Dari segi awareness pasar, dua atau tiga tahun lalu, Se’i Sapi adalah menu yang cukup sulit ditemukan di kalangan masyarakat Indonesia.

Eksposur dari GrabFood Populerkan 100 Gerai

Eksposur dari GrabFood telah membantu Se’i Sapi Kana dalam mempopulerkan makanan ini di kalangan pengguna Grab.

Kini masyarakat bisa menikmati hidangan ini di 100 gerai di kota-kota besar, seperti Yogyakarta, Jakarta, Semarang, Malang, Bali dan kota lainnya di seluruh Indonesia.

60 % Dipesan Via GrabFood

Ketika Se’i Sapi Kana mencapai puncak popularitasnya, sulit untuk mengelola permintaan yang masuk untuk layanan dine-in.

GrabFood berperan dalam menyokong operasional Se’i Sapi Kana. Kini, proporsi pesanan dine-in dan GrabFood di Se’i Sapi Kana seimbang, bahkan kadang-kadang lebih mengarah ke GrabFood dengan perbandingan 60:40.

Tawarkan Program Promosi Awal bulan & Akhir bulan

Dalam perjalanannya, Se’i Sapi Kana juga bekerja sama dengan Account Manager GrabFood untuk mengembangkan menu dan paket yang sesuai dengan permintaan konsumen dan berpartisipasi dalam program promosi (antara lain promosi awal bulan, promo akhir bulan, promo gajian) untuk meningkatkan penjualannya pada waktu tertentu.

Paket-paket yang dikembangkan Se’i Sapi Kana untuk GrabFood juga membantu tim media sosial untuk membuat kalender konten yang menarik dan mendapat engagement yang cukup tinggi dari audiens.

Membangun Komunikasi

Luki, Account Manager GrabFood untuk Se’i Sapi Kana juga aktif membangun komunikasi dengan pemilik toko serta memberikan rekomendasi bisnis berdasarkan data kinerja seperti saran untuk menonjolkan beberapa menu yang memiliki potensi dan membutuhkan visibilitas lebih pada program promosi.

Dari Audiens Media Sosial, Diketahui Banjyak Yang Pilih GrabFood

Dari audiens media sosial, Se’i Sapi Kana mengetahui bahwa konsumen kini lebih memilih menikmati makanan melalui GrabFood, karena menyediakan paket promosi yang lebih menarik. Memilih mitra yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan bisnis memang sebuah hal yang penting.

Banyu menjelaskan bagaimana dukungan dari GrabFood telah mempengaruhi strategi bisnis dan meningkatkan layanan dine-in Se’i Sapi Kana.

“Bagi kami, hal yang perlu diperhatikan adalah menciptakan keseimbangan antara promosi yang tersedia di platform pengantaran online seperti GrabFood dan yang tersedia di gerai offline,” kata Banyu.

Layanan Terbaik Platform Online dan Gerai

Untuk memastikan dan menjaga kepuasan konsumen, Se’i Sapi Kana selalu memberikan kualitas layanan terbaik, baik di gerai maupun di platform online kami untuk para pecinta kuliner Indonesia.

Meskipun telah mencapai titik kesuksesan perkembangan bisnisnya, Se’i Sapi Kana tidak mudah puas dengan pencapaian tersebut dan terus menunjukan kegigihannya dalam mempelajari wawasan bisnis baru.

Webinar GrabAcademy dari GrabFood, Se’i Sapi Kana Berbagi Kiat

Melalui webinar GrabAcademy dari GrabFood, Se’i Sapi Kana mendapatkan kesempatan untuk bisa berbagi tentang perjalanan bisnisnya dengan sesama pelaku UMKM, sekaligus memperoleh wawasan bisnis dari perwakilan Grab tentang cara terjitu dalam meningkatkan kualitas layanan di berbagai kanal termasuk gerai offline, dan pesanan take away mapun pesanan Grab untuk meningkatkan fokus di setiap kanal layanan.

Kegiatan bertukar pengetahuan yang difasilitasi oleh GrabFood ini turut berkontribusi dalam perjalanan Se’i Sapi Kana menjadi bisnis kuliner yang mumpuni di Indonesia, menunjukkan kepemimpinan bisnisnya di pasar.

Dukungan dari Ekosistem Digital Untuk Memopulerkan Hidangan Se’i

Andra Lesmana, selaku founder dari Sei Sapi Kana menyatakan bahwa misi untuk mempopulerkan hidangan Se’i di seluruh Nusantara telah berhasil dengan dukungan dari ekosistem digital yang mumpuni,

“Kita sebagai pelaku usaha diharapkan bisa fokus dengan menganalisis tren secara akurat dan menerapkan pembaruan untuk pasar, yaitu bagaimana kami menerapkan strategi baru untuk melayani masyarakat yang harus berkegiatan di rumah.

Pelaku Usaha Harus Punyai Mental Luar Biasa

Selain itu, pelaku usaha juga harus mempunyai mental yang luar biasa, karena selain fokus yang membedakan kita dengan pengusaha yang lain adalah mental,” ucapnya

Hadi Koe, Head of Marketing GrabFood juga menekankan bagaimana Grab menciptakan ekosistem digital yang kondusif untuk membantu pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya di ranah digital.

“Mitra merchant dari berbagai ukuran dan latar belakang dapat memperoleh manfaat dari fitur dan program yang GrabFood luncurkan seperti GrabAcademy dan GrabMerchant AutoLaris untuk meraih lebih banyak peluang bisnis secara digital.

Program Apresiasi Mitra

Selain itu, GrabFood juga memberikan wujud apresiasi pada mitra merchant setia kami dalam bentuk cashback lewat Program Apresiasi Mitra. Harapannya, program ini dapat membantu mitra merchant mengembangkan menu baru untuk memanjakan konsumen.

Lewat inisiatif dan dukungan ini, GrabFood selalu berusaha untuk memberdayakan para mitra merchant dan menjadi platform terbaik bagi pelaku UMKM.

“Se’i Sapi Kana adalah salah satu mitra merchant kami yang mampu memanfaatkan inovasi berbasis teknologi yang telah kami rancang dan kami harap untuk terus bisa membawa semangat ini ke lebih banyak pelaku UMKM di platform kami,” ujarnya.
( sumber : antaranews,com )

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.