Example floating
Example floating
Kabar Daerah

Dinas PUPR Kab Jombang Petakan Data Penggunaan Lahan dengan Foto Udara Pakai Drone DJI Phantom 4 RTK

×

Dinas PUPR Kab Jombang Petakan Data Penggunaan Lahan dengan Foto Udara Pakai Drone DJI Phantom 4 RTK

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]

Jombang, Memo

Example 300x600

Dinas PUPR Kabupaten Jombang melakukan kegiatan foto udara dengan menggunakan drone DJI Phantom 4 RTK, yang memang dirancang khusus untuk fotogrametri. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk mendapatkan data penggunaan dan tutupan lahan yang mana data tersebut sangat bermanfaat untuk mengidentifikasi kesesuaian penggunaan lahan dalam rangka untuk penyusunan rencana detail tata ruang.

” Keuntungan penggunaan foto udara adalah dapat menghasilkan gambar/citra yang lebih detail (resolusi sekitar 15cm) serta tidak terkendala oleh awan, karena pengoperasiaannya pada ketinggian di bawah awan.” kata Kepala Dinas PUPR Kab Jombang Miftahul Ulum.

Masih kata Miftahul Ulum, pengambilan foto udara dengan drone ini harus dibarengi dengan pengambilan GCP (Ground Control Point di Lapangan) untuk melakukan korekasi geometrik (orthorectification), karena kalau tidak, bisa dipastikan keakuratan geometrik akan sangat rendah.

Untuk tahun ini secara bertahap pelaksanaan pemotretan udara dilaksanakan pada wilayah Kecamatan Mojowarno, kegiatan dilakukan secara swakelola dari personil bidang tata ruang ini tidak hanya menyasar pada daerah padat permukiman saja tetapi juga area non permukiman termasuk area persawahan.

Lebih lanjut Choirul Aman juga menjelaskan bahwa pemotretan dengan drone memiliki kelemahannya diantaranya pengoperasian foto udara sangat tergantung dari cuaca, seperti faktor angin. Misalnya untuk penggunaan UAV, hasil foto udara kurang bagus jika tiupan angin iterlalu kencang, karena hasil pemotretan kurang stabil.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.