5 Sosial Media Populer yang Kini Telah Mati, Anda Pernah Pakai Yang Mana

  • Whatsapp
5 Sosial Media Populer yang Kini Telah Mati, Anda Pernah Pakai Yang Mana
banner 468x60

Sosial media kini memang sudah menjadi bagian hidup masyarakat dunia. Dari masa ke masa, selalu muncul platform media sosial baru dan menawarkan fitur-fitur canggih demi bisa memikat pengguna internet untuk menggunakan layanan mereka.

Layaknya dunia bisnis, Developer terus berlomba-lomba meningkatkan kemampuan paltform mereka sehingga banyak medsos lama yang ditinggalkan para penggunanya karena dianggap jadul dan tidak mampu menyaingi dari segi fitur dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Deretan Sosial Media Populer yang Kini Tinggal Nama

Selain Facebook, Twitter, dan Instagram yang kini menjadi primadona, sebenarnya dahulu ada beberapa media sosial lain yang sempat mengalami masa kejayaan sekitar tahun 2000-an.

Penasaran apa saja? Yuk langsung simak ulasan selengkapnya dibawah yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. mIRC

mirc
mIRC sempat populer ditahun 90-an / Liputan6

Jauh sebelum adanya WhatsApp, mIRC sudah menguasai dunia chatting lebih dahulu. mIRC atau internet Relay Chat begitu populer di tahun 90-an. Jelang tahun 2000-an, kepopuleran mIRC digeser oleh Yahoo Messenger yang memiliki fitur lebih lengkap. mIRC akhirnya resmi tutup pada 15 Desember 2017.

2. Friendster

Friendster
Friendster kalah saing dengan Facebook dan akhirnya tutup / dictio.id

Sebelum ada Facebook, Twitter dan Instagram, Friendster sudah populer pada era tahun 2000-an sebagai jejaring sosial. Friendster sempat memiliki 115 juta pengguna namun sejak kemunculan Facebook, perlahan Friendster semakin ditinggalkan dan akhirnya resmi ditutup pada 2015 lalu.

3. Path

path
Path tutup pada 2018 lalu / Freepik

Siapa dari kalian yang pernah coba media sosial yang satu ini? Path cukup terkenal dimasanya dan saat itu memiliki 15 juta pengguna serta valuasi perusahaan mencapai US$500 juta.

Sayangnya, Path harus tutup pada 2018 lalu karena sulit bersaing dengan Instagram yang memiliki fitur lebih lengkap. Padahal, path ini termasuk sosial media berumur muda yakni dirikan pada tahun 2010.

4. Yahoo messenger

yahoo
Yahoo messenger mulai tenggelam sejak adanya BBM / Okezone

Layanan pesan instan Ini pertama kali disebut Yahoo Pager tahun 1998 dan saat itu hanya tersedia versi desktop. Yahoo merupakan pioner dalam industri pesan singkat namun popularitasnya semakin menurun seiring dengan kemunculan BBM. Yahoo akhirnya mengumumkan penutupan layanan messenger-nya pada 2018 lalu.

5. BlackBerry messenger

BlackBerry Messenger 1
Sumber : Techrun

Pada 2019 lalu, layanan BBM resmi dihentikan. Aplikasi chatting ini memiliki kode unik untuk penggunaannya agar bisa saling chat. Alasan berakhirnya sosial media populer pada masanya ini adalah karena tak mampu bersaing dengan layanan pesan instan lainnya.

Bahkan, kabarnya baru-baru ini ponsel BlackBerry pun juga resmi menutup sistem operasinya.

Pos terkait