Keberhasilan Raffi Ahmad dalam live streaming sebelumnya yang mampu mencatatkan total transaksi senilai 7 Milyar dalam acara 7.7 Shopee Live Bombastis Sale menunjukkan efek yang luar biasa. Keberhasilan tersebut tidak hanya menarik minat pembeli dan penjual untuk bergabung dan berbelanja, tetapi juga meningkatkan antusiasme para streamer untuk ikut berjualan di Shopee Live.
Sarwendah Siap Ramaikan Shopee Live dengan Live Streaming Spesial!
Menurut data dari SimilarWeb, Shopee masih menduduki posisi pertama sebagai platform e-commerce dengan jumlah pengunjung tertinggi pada bulan Mei 2023, yaitu mencapai 161 juta pengunjung. Jumlah pengunjung ini jauh mengungguli pesaing terdekatnya, Tokopedia, yang hanya mencatatkan 106 juta pengunjung, dan Lazada dengan 70 juta pengunjung.
Posisi kuat Shopee dalam persaingan e-commerce memberikan pengaruh signifikan pada pasar belanja melalui live streaming. Live shopping semakin menarik perhatian banyak pihak, termasuk konsumen, pelaku usaha, selebriti, dan influencer. Interaksi yang seru, peningkatan traffic untuk pelaku usaha, serta promo-promo luar biasa yang disediakan menjadikan live streaming shopping sebagai pilihan menarik bagi banyak pihak.
Dalam riset berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang dilakukan oleh Populix, terungkap bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling sering digunakan untuk belanja online, jauh mengungguli pesaing terdekatnya. Data tersebut menunjukkan bahwa 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, sementara TikTok Live sebagai pemain baru hanya mendapatkan 25 persen suara.
Pangsa pasar Shopee Live dalam jumlah dan nilai transaksi juga cukup dominan. Shopee berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56 persen) dalam enam bulan terakhir, jauh mengungguli TikTok Live yang hanya mencapai 30 persen. Begitu juga pada pangsa pasar nilai transaksi, Shopee menduduki peringkat pertama dengan pangsa pasar sebesar 54 persen, sedangkan TikTok Live hanya mencapai 31 persen.
Dari riset yang sama, diketahui bahwa kategori produk yang paling banyak dibeli melalui live streaming adalah fashion dan aksesoris (85 persen), kecantikan, perawatan, dan kesehatan (54 persen), gaya hidup (41 persen), kebutuhan rumah tangga (33 persen), produk sehari-hari/FMCG (32 persen), elektronik (25 persen), serta produk ibu dan anak/kebutuhan bayi (16 persen).
Populix juga menemukan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering digunakan untuk membeli produk kategori Fashion & Kecantikan. Untuk kategori Fashion, Shopee Live digunakan oleh 79 persen responden, sedangkan TikTok Live hanya mencapai 44 persen. Begitu juga untuk kategori Kecantikan, di mana Shopee Live digunakan oleh 71 persen responden, sementara TikTok Live hanya mencapai 51 persen.
Berdasarkan data dan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Shopee masih mendominasi pasar live streaming shopping di industri e-commerce. Preferensi pengguna, terutama dalam kategori produk yang paling banyak dibeli, menjadi motivasi besar bagi Sarwendah untuk memfokuskan live streamingnya di Shopee Live melalui akun @Sarwendahofficial mulai tanggal 4 Agustus nanti. Kategori-kategori tersebut sesuai dengan preferensi belanja Sarwendah sebagai seorang public figure dan ibu rumah tangga.
Sarwendah Bergabung dalam Live Streaming Shopee Live: Mengapa Penggunaan Fitur Ini Lebih Unggul Dibandingkan Pesainya
Keberhasilan Shopee Live dalam mendominasi pasar live streaming shopping membawa banyak keuntungan bagi semua pihak yang terlibat. Selain para pelaku usaha yang mendapatkan peningkatan traffic dan penjualan, para selebriti dan influencer juga tertarik untuk ikut serta dalam live streaming.
Hal ini juga didukung oleh preferensi pengguna, yang lebih banyak memilih Shopee Live untuk membeli produk kategori Fashion & Kecantikan, dibandingkan dengan pesaingnya seperti TikTok Live. Kedekatan dan interaksi yang ditawarkan dalam live streaming membuatnya semakin menarik bagi para pengguna.