Selain itu, mereka berharap bahwa pertumbuhan UMKM juga dapat dipercepat dengan akses yang lebih mudah ke pembiayaan melalui layanan keuangan yang lebih aman dan efisien, yang didukung oleh fintech dan Penyedia Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) seperti Jalin.
Dengan bergabungnya DANA ke dalam jaringan “Link”, posisinya dalam memperluas layanan ke anggota Jalin yang lain juga menjadi lebih kuat.
“Melalui interkoneksi ini, DANA dapat memperluas jangkauan layanannya ke sektor keuangan lain, termasuk perbankan, BPD, fintech, dan penggunaan QRIS antarnegara dengan cakupan yang lebih luas,” tutup Ario.
Kemitraan DANA dan Jalin: Mendorong Pertumbuhan Layanan Keuangan Digital yang Inklusif di Indonesia
Kemitraan strategis antara PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) dan PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA) mengilhami harapan baru untuk pertumbuhan layanan keuangan digital di Indonesia. Langkah ini menegaskan komitmen kedua perusahaan dalam mendukung aksesibilitas layanan keuangan bagi masyarakat yang sebelumnya terpinggirkan, seperti di daerah pedesaan dan bagi pelaku UMKM.
Dengan dukungan teknologi QRIS dan integrasi dalam jaringan “Link”, kerjasama ini memperkuat posisi DANA dalam menghadirkan layanan keuangan yang lebih luas dan aman, sekaligus memperluas cakupan aksesibilitas layanan keuangan di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi bersama untuk membangun ekosistem ekonomi digital yang inklusif dan tangguh.