Resep Nasi Goreng Rawon Khas Jawa Timur yang Kuat dan Pekat

  • Whatsapp
Resep Nasi Goreng Rawon Khas Jawa Timur yang Kuat dan Pekat

Memo.co.id

Resep Nasi Goreng Rawon Khas Jawa Timur yang Kuat dan Pekat. RAWON yang identik sebagai salah satu menu andalan Jawa Timur, khususnya Surabaya, membuat Rifa Samudra Dananjaya tergelitik untuk mengkreasikan bumbu rawon menjadi bumbu nasi goreng.

Bacaan Lainnya

Bikinan Chef di Midson Residence Surabaya Temukan Rawon Khas Rasa Yang Pas

Salah satu chef di Midtown Residence Surabaya itu pun melakukan trial and error. Selain menemukan rasa yang pas, hal itu dilakukan untuk bisa mendapatkan identitas masakan yang jelas.

’’Kan harus tahu ini nanti taste food-nya mau menuju ke otentik atau fusion. Awalnya sempat saya kasih tauge pendek yang khas ada pada menu rawon ke dalam nasi goreng.

Gak Pakai Touge, Rasa Langu Hilang

Tapi, ternyata rasanya malah langu. Akhirnya tauge saya hilangkan dan murni pakai bumbu rawon saji. Dari segi rasa langsung berubah, terutama rasa langu yang kemudian hilang,’’ ungkapnya s

Dia juga membuat bumbu rawon secara fresh. Tidak memakai bumbu rawon instan yang ada di pasaran. Menurut dia, bumbu buatan sendiri yang fresh akan menghasilkan masakan yang jauh lebih sedap di lidah.

Nasi Goreng Berbaur Bumbu Rawon Warna Hitam

Nasi goreng yang sudah berbaur dengan bumbu rawon pun langsung berubah warna menjadi hitam. Sekilas mirip nasi goreng Jawa atau nasi cumi.

’’Rasanya strong dari keluwek dan rempah lainnya. Betul-betul otentik cita rasa Indonesia-nya sangat terasa. Mengolahnya juga pakai feeling,’’ imbuh alumnus Surabaya Hotel School (SHS) itu.

Nasi goreng rawon yang kuat rasa itu lantas di-platting di atas piring saji. Dengan tambahan acar, tempe goreng, emping melinjo, telur asin, selada dan iga bakar. Uniknya, iga bakar pun diolesi dengan bumbu rawon sebelum dibakar di atas api.

loading…

Masa Pandemi, Midtown Residence Surabaya Berkreasi

Public Relation Midtown Residence Surabaya Jeffry Reynaldi mengatakan, nasi goreng rawon dibuat sejak 2020. Lantas hingga kini masih menjadi signature dish, terutama bagi tamu yang long stay. ’’Mereka bilang rasanya unik dan otentik.

Pandemi seperti ini menuntut untuk terus kreatif dalam mengolah menu supaya orang nggak bosan dan ada variasi baru,’’ tandasnya.

Bahan Untuk Satu Porsi

1. Bawang putih 3 siung

2. Bawang merah 3 siung

3. Cabai merah 1 biji

4. Kunyit 1 ruas

5. Laos 1/2 ruas

6. Jahe 1/2 ruas

7. Keluak 3 butir

8. Jintan 1/2 sdt

9. Ketumbar 1/2 sdt

10. Daun jeruk 2 lembar

11. Serai satu ruas geprek

12. Nasi putih 150 gram

13. Kaldu sapi

14. Iga sapi sesuai selera

Ini Yang Harus Dilakukan

– Haluskan bumbu dari nomor 1 sampai 9.

– Tumis bumbu yang sudah dihaluskan (1–9) sampai harum, tambahkan daun jeruk dan serai. Pisahkan sebagian bumbu. Untuk nasi goreng dan kuah rawon.

– Masukkan nasi putih 150 gram ke bumbu yang sudah ditumis. Aduk hingga bumbu dan nasi benar merata dan tercampur sempurna. Tambahkan seasoning gula, garam, dan merica bubuk secukupnya.

– Aduk merata lagi. Siap untuk di-plating.

– Untuk membuat kuah rawon, rebus bumbu rawon dan kaldu sapi dengan air mendidih.

– Tambahkan iga sapi yang sudah direbus hingga empuk.

– Keluarkan iga, bakar di atas api.

– Letakkan di mangkuk saji sebagai pelengkap untuk mendampingi sepiring nasi goreng rawon.

Kondimen Tambahan Untuk Plating

– Acar

– Selada

– Tempe goreng

– Emping melinjo

– Telur asin

– Iga bakar rawon

Pos terkait