Peringatan BMKG, Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia Minggu Depan!

Peringatan BMKG, Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia Minggu Depan!
Peringatan BMKG, Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia Minggu Depan!

MEMO

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem di sejumlah provinsi Indonesia untuk periode 14–20 Juni mendatang. Dampak yang mungkin terjadi meliputi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di berbagai daerah, termasuk beberapa provinsi di Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Bacaan Lainnya

Pemantauan Cuaca Ekstrem dan Potensi Dampaknya Menurut BMKG

Prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa beberapa provinsi di Indonesia perlu waspada terhadap potensi dampak cuaca ekstrem, terutama hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dalam periode 14–20 Juni mendatang.

Provinsi yang berpotensi terpengaruh mencakup Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan. Selain itu, juga termasuk Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua, dan Papua Selatan.

Meskipun demikian, BMKG menegaskan bahwa potensi dampak dari hujan lebat kategori siaga tidak diperkirakan terjadi di wilayah Indonesia pada periode ini. Namun, status waspada diberlakukan untuk sejumlah provinsi di berbagai pulau, termasuk Sumatra Barat, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Pos terkait