Minuman Ajaib yang Bisa Bikin Anda Tahan Panas dengan Lebih Baik!

Minuman Ajaib yang Bisa Bikin Anda Tahan Panas dengan Lebih Baik!
Minuman Ajaib yang Bisa Bikin Anda Tahan Panas dengan Lebih Baik!

MEMO

Cuaca panas ekstrem dan musim kemarau dapat menjadi tantangan bagi sistem kekebalan tubuh kita. Untungnya, ada minuman-minuman alami yang dapat membantu kita menjaga daya tahan tubuh. Dalam artikel ini, kami akan mengungkapkan minuman-minuman pilihan yang kaya akan nutrisi dan dapat meningkatkan imunitas tubuh Anda.

Bacaan Lainnya

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Cuaca Panas dan Musim Kemarau

Ketika cuaca panas ekstrem melanda, kita perlu melakukan usaha ekstra untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima. Terdapat beragam minuman yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh ketika cuaca panas dan musim kemarau tiba.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain dari aspek nutrisi makanan, beberapa minuman juga dianggap dapat membantu menjaga kesehatan sistem imun tubuh agar terhindar dari penyakit.

Sebagaimana dikutip dari sumber Eating Well, minuman yang mengandung nutrisi tinggi seperti protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan zinc sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan optimal.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa minuman yang diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh Anda:

  1. Teh Kunyit Mengacu pada penjelasan dari HealthifyMe, kunyit mengandung senyawa kurkumin yang mampu mengatur kinerja sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh kunyit juga dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sendok makan kunyit segar yang diparut atau 2 sendok teh bubuk kunyit.
  • 1 sendok makan perasan lemon.
  • Madu secukupnya.
  • 4 gelas air.

Cara penyajiannya:

Rebus kunyit dengan air selama sekitar 15-20 menit. Kemudian, saring dan tambahkan perasan lemon beserta madu sesuai selera.

  1. Teh Rempah Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan tambahan cuka apel dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

Sebagai contoh, kunyit dan jahe kaya akan antioksidan, memiliki sifat antiseptik, dan berperan sebagai penyembuh alami, juga membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berkontribusi pada sistem imun tubuh.

Sementara cuka apel terbukti efektif dalam menekan pertumbuhan patogen jahat dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Minuman Berkhasiat untuk Menjaga Imunitas Tubuh di Cuaca Ekstrem

Berikut beberapa resep minuman berbahan dasar rempah-rempah:

  • Campuran Kunyit Madu: Campurkan ½ sendok teh bubuk kunyit, 2 sendok makan madu, sejumput bawang putih cincang, dan air panas. Aduk hingga tercampur rata dan minumlah saat masih hangat.
  • Campuran Jahe dan Cuka Apel: Geprek satu potong jahe, tambahkan 2 sendok makan madu, 1 sendok makan cuka apel, segelas air panas. Aduk hingga merata, lalu nikmati selagi hangat.
  1. Jus Sayuran Hijau Sayuran hijau kaya akan vitamin A, vitamin C, asam folat, serta berbagai jenis antioksidan lain yang dapat membantu mencegah peradangan dan mendukung tubuh dalam melawan infeksi.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 30 gram daun ketumbar.
  • 30 gram daun mint.
  • 30 gram bayam.
  • 1 buah apel atau pir.
  • 30 gram mentimun, cincang.
  • 2 sendok makan perasan lemon.
  • Garam secukupnya.

Cara penyajiannya:

Pos terkait