Jakarta, Memo
Membangun kekuatan brand untuk kelangsungan bisnis menjadi salah satu pesan penting pada momen penting, BUMN Branding and Marketing Award (BBMA) ke-10 tahun 2022 dengan mengangkat tema “Strong Brand Immunity to Stay Relevant”.
Event tersebut memiliki agenda guna memberikan apresiasi dan juga tolok ukur daya saing para praktisi di bidang branding dan marketing BUMN. Selain itu, juga bertujuan untuk memperkuat identitas brand dengan menjaga relevansi pada perkembangan saat ini.
Ada 97 perusahaan yang terbagi atas kategori BUMN, Anak Perusahaan BUMN dan BUMN Tbk berkompetisi pada ajang 10th BUMN Branding and Marketing Award 2022. Selanjutnya, peserta yang lolos tahap seleksi kedua berupa wawancara dan presentasi di hadapan dewan juri mengerucut menjadi 43 perusahaan.
Beberapa perusahaan pemenang diantaranya diraih oleh PT Pertamina, MIND ID, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. dan PT PP (Persero) Tbk.
CEO BUMN Track SH Sutarto menjelaskan, BUMN Track sebagai media yang sudah terverifikasi Dewan Pers konsisten memberi animo ke BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang sudah berperan untuk keselarasan usaha, terutamanya lewat pengokohan taktik pemasaran dan branding.
“Kami menghargai BUMN yang sudah berusaha jaga keselarasan usaha di era yang tidak mudah. Ditambah, untuk mereka yang selalu melahirkan inovasi hingga bukan hanya bertahan tetapi sanggup tingkatkan performanya di waktu pandemi,” bebernya di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (9/11/2022).
Ketua Dewan Juri BBMA 2022 sekalian Co Founder dan Executive Chairman WIR Grup, Daniel Surya menjelaskan, berkaitan topik BBMA tahun ini, pengokohan merek immunity jadi kunci penting untuk perusahaan BUMN, khususnya di periode pandemi Covid-19 atau di era post pandemic.
“BUMN perlu mempunyai taktik untuk jaga keberadaan dan stabilitas identitas sebuah brand. Di lain sisi, jaga ekuitas merek lewat kerja sama lokal atau internasional penting juga dilaksanakan untuk tingkatkan kesetiaan customer, dan perkuat merk di pasar supaya sanggup berkompetisi dan sering jadi hebat of mind beberapa konsumen,” tutur Daniel Surya.
Dia mengutamakan keutamaan implementasi tehnologi digital dalam taktik pemasaran dan branding. Menurut dia, semua BUMN harus dapat secara cepat menyesuaikan dalam pemakaian basis tehnologi untuk melahirkan sebuah inovasi.
Saat sebelum hasilkan beberapa nama juara, semua peserta sudah melaluii dua tahapan penjurian. Tahapan pertama berbentuk pengisian quesioner dan diteruskan penyeleksian tahapan ke-2 berbentuk presentasi lewat cara online di depan beberapa dewan juri yang berjalan pada 20-28 Oktober 2022.
Ada lima kelompok besar penilaian dalam gelaran BUMN Branding and Pemasaran Award 2022 yang meliputi empat faktor Branding Award (Brand Strategy; Brand Identity; Brand Communication dan Activation; Digital Branding), dua faktor Pemasaran Award (Creative Communication dan Implementation;Technology Enhancement), dua faktor Global Branding and Marketing Award (Global Brand and Marketing Strategy; International Recognition), dan dua faktor Strong Merek Immunity to Stay Berkaitant Award yang dipandang (Staying in-line dan consistent with the Brand Strategy in various Brand Activation; Maintaining the merk equity in both local/international collaboration).
Disamping itu, ada juga empat faktor penilaian The Best CMO BUMN Branding and Marketing yang terdiri dari Creative Marketing Initiative, Leadership dan Timwork, Individual Communication dan Corporate Marketing Performnce. Seterusnya, diberikan juga Special Award yang diperuntukkan untuk beberapa CEO yang turut serta langsung dalam pengendalian taktik branding dan pemasaran di perusahaan.
Disokong oleh beberapa dewan juri yang disebut beberapa expertise di bagian merek, pemasaran dan komunikasi, jadikan gelaran BBMA 2022 semakin terbukti, memiliki integritas dan professional.