Example floating
Example floating
Infobis

Ikea, Model Bisnis Dengan Merek Unik Yang Susah Ditiru

×

Ikea, Model Bisnis Dengan Merek Unik Yang Susah Ditiru

Sebarkan artikel ini
Ikea, Model Bisnis Dengan Merek Unik Yang Susah Ditiru
Example 468x60

Memo.co.id

Ikea adalah salah satu merek mebel terkemuka di dunia yang didirikan pada tahun 1943 di Swedia oleh Ingvar Kamprad.

Nama Ikea diambil dari inisial nama pendiri serta desa tempat Kamprad dibesarkan. Produk Ikea memiliki kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau, sehingga mendapat sambutan hangat dari konsumen.

Konsep bisnis Ikea sangat unik, di mana konsumen dapat memilih produk sendiri dan merakitnya sendiri di rumah. Selain itu, perusahaan juga membuat furniture siap rakit dan menjualnya di toko yang berlokasi di wilayah pinggiran dengan katalog sebagai pengganti tenaga penjual untuk menjelaskan produk.

Hal ini memungkinkan pengurangan biaya pengiriman dan penyimpanan, serta memudahkan konsumen untuk membawa barang pulang dengan mudah.

Keunggulan Ikea dalam membuat kebijakan terintegrasi di industri mebel membuat perusahaan lain sulit meniru model bisnis mereka. Selama ini, tidak ada satu pun perusahaan yang berhasil menyaingi keberhasilan Ikea dalam perancangan kebijakan.

Ikea memegang teguh tiga prinsip dalam menjalankan bisnis, yaitu menjalankan bisnis dengan tingkat efisiensi dan efektivitas tinggi, menghubungkan semua aktivitas secara konsisten dan dengan lingkungan, serta melakukan aktivitas perusahaan dengan pengelompokan yang tidak umum dan sulit dilakukan oleh pesaing.

Dalam mengontrol sistem manajemen perusahaan secara global, Ikea membagi fungsi manajemen menjadi empat bagian utama. Bagian pengembangan produk berpusat di Swedia, rancangan produk yang telah disetujui oleh manajemen level atas kemudian disebarkan ke semua cabang perusahaan di berbagai negara.

Bagian kedua adalah bagian pembelian bahan baku yang ditangani oleh tim pembelian dan dibantu oleh agen perusahaan yang melakukan evaluasi secara berkala baik secara kualitas maupun harga setiap bahan baku.

Sementara itu, bagian ketiga adalah produksi dan distribusi yang melibatkan banyak pihak termasuk tenaga kerja terampil. Terakhir, bagian keempat adalah manajemen toko dan pemasaran di seluruh dunia.

Baca Juga  Orcheatra Jawa Timur Menyuarakan Janji Suci Pengabdian dengan Sentuhan Kejujuran Hati

Dalam dunia bisnis, Ikea telah membuktikan bahwa merek yang unik dan susah ditiru dapat menjadi kunci keberhasilan sebuah perusahaan.

Dengan konsep bisnis yang unik, inovatif, dan terintegrasi, Ikea telah menempatkan dirinya sebagai perusahaan mebel terdepan di dunia yang terus tumbuh dan berkembang hingga saat ini.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.