Hati-hati, Niat Cari Kerja Malah Tertipu – Modus Penipuan Melalui Media Sosial

Tips Untuk Menghindari Penipuan Melalui Media Sosial

Memo.co.id

Belakangan ini, media sosial digegerkan oleh cerita seorang wanita yang menjadi korban penipuan dengan kerugian puluhan juta rupiah. Modus penipuan ini sangat licik, dengan menawarkan pekerjaan yang terlihat mudah hanya dengan melakukan like dan subscribe pada suatu akun.

Bacaan Lainnya

Penipuan ini menjadi perhatian publik karena banyaknya kasus serupa yang terjadi. Salah satu korban yang mengungkapkan pengalamannya adalah seorang warganet bernama Syifa Giarsyah melalui akun Twitter @grsyah.

Dia menceritakan secara detail bagaimana kronologi penipuan ini terjadi dan kerugian yang dialaminya mencapai angka fantastis, yaitu 21 juta rupiah.

Awalnya, Syifa menerima tawaran untuk bekerja dengan pekerjaan yang terlihat sangat sederhana, yaitu hanya dengan menyukai dan mengikuti akun tertentu.

Dalam rekaman di layar kaca, Syifa membeberkan bahwa dia kemudian diajak untuk bergabung dalam sebuah grup telegram yang tampak meyakinkan karena memiliki lebih dari 300 anggota.

Syifa pun menjalankan tugasnya sesuai kesepakatan, namun ketika pekerjaannya selesai, dia diminta untuk membayar sejumlah uang sebagai persyaratan untuk mendapatkan imbalan yang dijanjikan.

Namun, setelah membayar, Syifa tidak mendapatkan imbalan sesuai yang dijanjikan. Kekecewaan pun meliputi hati Syifa. Kerugian yang dia alami begitu besar, mencapai 21 juta rupiah.

Pelajaran berharga dari pengalaman Syifa adalah pentingnya kehati-hatian dalam mencari pekerjaan dan tidak terjebak pada penawaran yang terlalu mudah. Modus penipuan semacam ini terus berkembang dan kita harus tetap waspada agar tidak menjadi korban.

Pos terkait