Cara Budidaya Ayam Kalkun Yang Bisa Menguntungkan Peternak Ayam

  • Whatsapp
Cara Budidaya Ayam Kalkun Yang Bisa Menguntungkan Peternak Ayam
Cara Budidaya Ayam Kalkun Yang Bisa Menguntungkan Peternak Ayam

Memo.co.id

Cara budidaya ayam kalkun, berbeda dengan cara aaapeternak ayam jenis lainnya. rasa ayam kalkun juga berbeda dengan daging ayam ternak lainnya. Ayam kalkun, dagingnya sangat mahal, hampie menyamai daging kambing. Karena itulah, ternak ayam kalkun terasa menguntungkan.

Bacaan Lainnya

Beberapa peternak ayam kampung yang sangat berpengalaman, akan selalu berhati hati ketika mengelompokkan jenis ayam betina dengan ayam pejantan. Pasalnya, ayam pejantan jenis ayam kalkun, selalu menang dan mengalahkan ayam kalkun betina.

Bobot kalkun betina berumur kurang lebih 3 hingga 3, 5 kilogram sebaliknya jantannya dekat 6 hingga 8 kilogram. Warna bulunya beraneka ragam, terdapat yang hitam, putih, hitam atau gelap berbaur putih, cokelat, serta abu- abu.

Perluang Usaha Budidaya Ayam Kalkun Yang Menguntungkan , Harga Jualnya Relatif Tinggi Dibanding Jenis Ayam Lainnya

daging kalkun memilikikandungan protein30, 5% serta isi lemak 11, 6%. Apa apabila dibanding dengan daging lembu, isi protein daging kalkun lebih besar 3, 5% serta isi lemak lebih kecil 5, 5%. Tidak hanya itu, daging kalkun memiliki asam amino yang komplit. Alhasil kalkun bisa dijadikan selaku santapan pengganti daging lembu buat penuhi vitamin warga.

kalkun telah dipelihara dengan cara turun temurun oleh masyarakat Indonesia kurang lebih 4 abad ini, serta bisa menyesuaikan diri bagus dengan hawa nyaris di semua nusantara.

Dikala ini budidaya ayam kalkun menggambarkan peluang usaha yang sedang amat menggoda sebab masih terhitung lumayan sedikit pelakunya, serta lagi kalkun mempunyai harga terhitung lumayan besar di banding dengan daging lain. Sementara itu tidak sedikit peminat daging unggas yang satu yang sudi mengeluarkan duit lebih supaya dapat menikmati santapan olahan daging kalkun.

1. Penentuan lokasi

Penentuan letak bakal memastikan kesuksesan piaraan kalkun kamu, yakinkan peternakan wajib jauh dari kemeriahan serta cengkauan orang, lokasinya tidak begitu berisik serta ada santapan natural dilingkungan itu.

2. Pembuatan Kandang

Kadang merupakan lingkungan buatan tempat budidaya kalkun berlangsung. Dalam manajemen pemeliharaannya kalkun jantan dibesarkan terpisah dari betina, bila semenjak kecil jantan serta betina itu sudah dicampur hingga perkembangan betina hendak tersendat serta berat yang sepatutnya digapai saat sebelum menelur tidak akan terpenuhi.

Pada disaat terdapat santapan jantan hendak makan lebih dulu serta dengan tubuhnya yang lebih besar jantan hendak menutupi kesempatan betina buat makan, alhasil betina hendak mendapat sisa santapan, seperti itu penyebabnya sepanjang masa pembesaran jantan serta betina dipelihara terpisah.

loading…

Butuh dicermati temperatur mandang harus setabil serta tidak bisa terlalu dingin ataupun terlalu panas.

3. Menyiapkan Anakan

metode memilah anak kalkun baya satu hari( day old turkey atau DOT) yang bagus yaitu aktif kesana kemari serta banyak bergerak.
Anak kalkun yang segar serta bagus hendak menampilkan mata yang runcing serta cahaya matanya memancar.

Jauhi catok yang cacat, sebab hendak menyebabkan klalkun susah pada saat mencari makan. seleksi anak kalkun yang besar tubuhnya, bulunya kering datar. Anak kalkun yang sangat enteng seharusnya dipisahkan kaki wajib nampak wajar serta anak kalkun itu wajib sanggup berdiri bagus diatas kedua kakinya.

4. Memperhatikan Pakan

Buat pakan kamu bisa menyesuaikan dengan besar serta usia kalkun anda, pakan dapat berbentuk pakan jadi yang sudah diatur dosis gizinya semaui dengan kbutuhan ayam, umumnya di kelompokan jadi beberapa jenis dengan isyarat BR1, BR2 serta berikutnya.

Kamu pula dapat menggunakan pakan lain semacam kombinasi dedeg, nasi serta sayur sayur- mayur hijau buat hanya pelengkap.

5. Masa Kawin

kalkun betina jenis enteng bisa dikawinkan pada usia 30 minggu serta pejantannya bisa mulai dikawinkan pada usia 34 minggu, sebaliknya kalkun jenis berat baru bisa dikawinkan pada umur baya 36 minggu serta pejantannya pada usia 40 minggu.

6. Penetasan

dalam menetaskan telur terdapat 2 metode ialah inkubasi dengan cara natural serta inkubasi dengan cara ciptaan. Inkubasi dengan cara natural ialah inkubasi memakai biangnya atau tipe angsa lain. Inkubasi dengan cara natural sedang dikira lumayan berguna, paling utama buat para gembala yang jumlahnya sedikit. Sedangkan dengan cara ciptaan ialah inkubasi memakai perlengkapan atau mesin betas atau incubator.

7. Masa Hidup kalkun

Kalkun memiliki 5 tahap hidup ialah:
0 hingga 4 minggu( prestarter), ayam kalkun baru meretas.
4 hingga 8 minggu( mengaktifkan), ayam kalkun anakan
8 hingga 12 minggu, kalkun mulai tumbuh
12 hingga 16 minggu, kalkun mulai besar
16 hingga 20 minggu, kalkun menggapai berat ideal
20 minggu keatas kalkun sedia dikonsumsi

Pos terkait