Ini Bahaya Sebenarnya! Simak Bagaimana Anak Artis Terkena Masalah Earphone!

Ini Bahaya Sebenarnya! Simak Bagaimana Anak Artis Terkena Masalah Earphone!
Ini Bahaya Sebenarnya! Simak Bagaimana Anak Artis Terkena Masalah Earphone!

MEMO

Dalam dunia digital yang terus berkembang, penggunaan earphone oleh anak-anak menjadi hal yang semakin umum. Namun, penggunaan earphone dalam waktu yang lama dan dengan volume suara yang keras dapat berpotensi merusak telinga anak-anak, seperti yang dialami oleh anak Zaskia Adya Mecca.

Bacaan Lainnya

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan pengalaman Zaskia Adya Mecca dan saran dari seorang dokter spesialis THT mengenai penggunaan earphone yang aman bagi anak-anak. Simaklah hingga tiga alinea terakhir untuk mengetahui bagaimana Anda dapat melindungi pendengaran anak-anak Anda.

Kisah Zaskia Adya Mecca: Anaknya Alami Iritasi Telinga akibat Earphone

Artis Zaskia Adya Mecca berbicara tentang masalah yang dialami anaknya, yaitu iritasi telinga akibat sering menggunakan earphone. Dia menceritakan melalui akun Instagramnya bahwa anak sulungnya, Kana Sybilla Bramantyo, harus diperiksa oleh dokter karena mengeluhkan sakit di telinga kanannya.

Dokter pun berusaha memastikan apakah Sybil mungkin baru saja batuk pilek, membersihkan telinga dengan cotton bud, berenang, atau naik pesawat.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa telinga anaknya mengalami luka dan iritasi yang cukup serius. Penyebab utama dari iritasi ini ternyata adalah penggunaan earphone yang terlalu sering dan berkepanjangan. Zaskia merasa bersalah karena telah mengizinkan anaknya yang berusia 13 tahun menggunakan AirPods.

Dia menyadari bahwa anak-anak belum memiliki pemahaman yang matang dalam mengatur penggunaan perangkat tersebut.

Selain itu, Zaskia juga menemukan kasus lain di mana seorang pasien berusia 14 tahun mengalami kerusakan pendengaran seperti orang dewasa berusia 60 tahun. Ini juga disebabkan oleh kebiasaan menggunakan earphone dalam waktu yang lama dan dengan volume suara yang terlalu keras, sehingga merusak saraf pendengaran yang sulit untuk diperbaiki.

Ketika sebaiknya anak-anak diizinkan menggunakan earphone atau perangkat mendengarkan musik? Dr. Bagas Wicaksono, seorang spesialis THT di RSIA Kemang Medical Care, menyarankan bahwa keputusan ini sebaiknya disesuaikan dengan kondisi dan kematangan anak.

Penting untuk mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab dalam menggunakan gadget. Umumnya, anak berusia 5-7 tahun sudah bisa diberi pemahaman tentang penggunaan earphone, tetapi jika orang tua merasa bahwa anak belum siap, sebaiknya ditunda.

Dokter Beri Saran: Bagaimana Memastikan Anak Aman saat Gunakan Earphone

Bagas juga memberikan pedoman tentang durasi penggunaan earphone yang aman. Dalam dunia kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan, terdapat aturan yang disebut “60 per 60,” yang berarti volume suara harus diatur sekitar 60 persen dari volume maksimal dan digunakan maksimal selama 60 menit.

Pos terkait