Example floating
Example floating
Berita

Target Kilang Pertamina, RDMP Balikpapan Operasional Penuh Tahun 2025

×

Target Kilang Pertamina, RDMP Balikpapan Operasional Penuh Tahun 2025

Sebarkan artikel ini
Target Kilang Pertamina, RDMP Balikpapan Operasional Penuh Tahun 2025
Target Kilang Pertamina, RDMP Balikpapan Operasional Penuh Tahun 2025
Example 468x60

MEMO

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) mengungkapkan targetnya untuk menjadikan proyek mega Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan sebagai kilang minyak terbesar di Indonesia dengan kapasitas pengolahan minyak mentah mencapai 360 ribu barel per hari pada tahun 2025.

Example 300x600

Selain meningkatkan kapasitas, proyek ini juga bertujuan untuk memperbaiki kualitas bahan bakar dengan standar Euro 5, menurunkan kandungan sulfur hingga 99% dari jumlah semula.

Rahasia Mega Proyek Kilang Minyak Terbesar Indonesia

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menargetkan bahwa proyek mega Refinery Development Master Plan (RDMP) di Balikpapan akan beroperasi penuh pada tahun 2025.

Proyek ini diantisipasi akan menjadi fasilitas pengolahan minyak terbesar di Indonesia, dengan kapasitas total pengolahan minyak mentah yang meningkat sebesar 100 ribu barel per hari (bph), menjadi 360 ribu bph dari kapasitas saat ini sebesar 260 ribu bph.

Taufik Aditiyawarman, Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), menjelaskan bahwa selain peningkatan kapasitas kilang minyak, proyek ini juga akan meningkatkan kualitas bahan bakar minyak (BBM) hingga mencapai standar Euro 5.

Dengan standar Euro 5, kandungan sulfur dalam BBM akan berkurang hingga 99%, dari 2.500 ppm menjadi 10 ppm.

“Diharapkan proyek ini akan rampung pada tahun 2025. Dengan demikian, produk yang dihasilkan dari kilang Balikpapan akan memenuhi standar kualitas Euro 5, dengan kandungan sulfur hanya sebesar 10 ppm,” ujar Taufik dalam acara Energy Corner CNBC Indonesia, pada Kamis (21/3/2024).

Taufik menetapkan dua pencapaian besar sebagai tonggak dalam proyek mega Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan pada tahun ini.

Pencapaian pertama adalah revitalisasi unit Crude Distillation Unit (CDU) untuk meningkatkan kapasitas kilang dari 260 ribu barel per hari (bph) menjadi 360 ribu bph.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.