Example floating
Example floating
EKONOMIInfobis

Terungkap: Rahasia Dahsyat LRT Jabodebek Mengalahkan Kemacetan dan Polusi!

×

Terungkap: Rahasia Dahsyat LRT Jabodebek Mengalahkan Kemacetan dan Polusi!

Sebarkan artikel ini
Terungkap: Rahasia Dahsyat LRT Jabodebek Mengalahkan Kemacetan dan Polusi!
Terungkap: Rahasia Dahsyat LRT Jabodebek Mengalahkan Kemacetan dan Polusi!
Example 468x60

MEMO

Dengan mulai dioperasikannya LRT Jabodebek pada tanggal 28 Agustus mendatang, masyarakat Jakarta dan sekitarnya menanti harapan baru. Sarana transportasi bernilai Rp32 triliun ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi dua masalah besar: polusi udara yang parah dan kemacetan ekonomi.

Example 300x600

Presiden Jokowi dan pihak berwenang telah berbicara tentang pentingnya moda transportasi ini dalam mengurangi emisi bahan bakar yang merusak lingkungan. Namun, seberapa parah polusi udara di Jakarta, dan apa penyebabnya?

Kesimpulan dalam tiga alinea berikut akan menguraikan dampak polusi udara yang mencekam dan mengapa LRT Jabodebek menjadi langkah maju yang sangat diharapkan.

Bagaimana LRT Jabodebek Menjadi Solusi Nyata Bagi Jakarta?

Penduduk Jakarta beserta daerah sekitarnya seperti Bogor, Depok, dan Bekasi kini berharap adanya solusi baru dalam hal transportasi massal yang lebih nyaman, yaitu LRT Jabodebek. Investasi sebesar Rp32 triliun untuk proyek ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi masalah kemacetan lalu lintas serta dampak negatif ekonomi yang terjadi di ibu kota.

Salah satu harapan utama terkait hadirnya sarana transportasi massal ini adalah peningkatan kualitas udara. Jakarta belakangan ini mengalami tingkat polusi udara yang sangat parah, dan beberapa pihak, termasuk Presiden Jokowi, berharap bahwa transportasi publik seperti MRT dan LRT bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini.

Mereka mendorong pengembangan moda transportasi ini dengan harapan bahwa masyarakat akan beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik, yang pada akhirnya akan mengurangi emisi bahan bakar dan mengendalikan polusi udara.

Seberapa parahnya polusi udara di ibu kota, dan apa penyebabnya? Kualitas udara di Jakarta semakin memburuk, bahkan pada tanggal 13 Agustus lalu, Jakarta kembali menduduki peringkat pertama sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Data dari situs pemantau kualitas udara IQAir menunjukkan bahwa indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta pada pukul 06.00 WIB berada pada angka 170, masuk dalam kategori tidak sehat akibat polusi udara PM2.5. Situs ini mencatat Jakarta sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di seluruh dunia, dan beberapa wilayah di Jakarta masuk dalam kategori sangat tidak sehat dengan AQI di atas 201, seperti Cilandak Timur dengan angka 206 dan Kebayoran Lama dengan angka 206.

Menurut Public Expose yang dirilis oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta pada tahun 2022, kendaraan bermotor adalah penyumbang utama polusi udara di Jakarta. Tujuh jenis polutan yang diteliti termasuk karbon monoksida (CO), Nitrogen Oksida (NOx), Sulfur dioksida (SO2), Partikulat udara 10 mikrometer (PM10), partikulat udara 2,5 mikrometer (PM2,5), karbon hitam (BC), dan senyawa organik volatil non-metana (NMVOC).

CO adalah polutan udara terbanyak dengan jumlah 298.171 ton, di mana 96,36 persen berasal dari kendaraan bermotor. NMVOC menduduki urutan kedua dengan jumlah 201.871 ton, dan 98,5 persennya disebabkan oleh kendaraan bermotor.

Polusi Udara dan Kemacetan: Dampak Besar yang Membayangi Jakarta

Besarinya jumlah polutan yang dihasilkan oleh kendaraan tidak bisa dihindari, terutama dengan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di Jabodetabek yang mencapai 21,76 juta unit. Jumlah ini terus meningkat sekitar 7 persen setiap tahunnya, dan jumlah kendaraan yang beredar di jalanan ibu kota ini berkontribusi pada kemacetan lalu lintas yang ada.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.