Example floating
Example floating
Pemerintahan

Ini Dia Rahasia Tersembunyi di Dalam Hutan Adat Distrik Konda!

×

Ini Dia Rahasia Tersembunyi di Dalam Hutan Adat Distrik Konda!

Sebarkan artikel ini
Ini Dia Rahasia Tersembunyi di Dalam Hutan Adat Distrik Konda!
Ini Dia Rahasia Tersembunyi di Dalam Hutan Adat Distrik Konda!
Example 468x60

MEMO

Pemetaan partisipatif oleh masyarakat adat di Distrik Konda, Papua Barat Daya, telah memberikan langkah awal yang kuat dalam mengakui dan melestarikan hutan adat mereka. Proses pemetaan ini melibatkan berbagai suku yang hidup berdampingan, seperti Tehit dan Yaben, dalam menentukan batas wilayah dan tempat penting.

Example 300x600

Inilah langkah yang penting untuk mendapatkan pengakuan resmi dari pemerintah dan memastikan kelangsungan hidup hutan sebagai sumber kehidupan yang tak ternilai.

Pemetaan Partisipatif: Jejak Langkah Masyarakat Adat Menuju Pengakuan Pemerintah

Tidak pernah terpikirkan oleh mereka untuk meninggalkan hutan yang telah menjadi tempat tinggal dan sumber kebahagiaan sepanjang hidup. Sejak masa kecil hingga dewasa, mereka telah bergantung pada hutan ini.

Masyarakat adat yang tinggal di Distrik Konda, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya, telah menggantungkan hidup mereka pada alam hutan yang masih terjaga kelestariannya. Di kampung tempat tinggal mereka, hutan yang sejuk dan bebas dari polusi telah memberikan segala yang mereka butuhkan.

Dalam hutan ini, pohon-pohon sagu menjulang tinggi di mana-mana. Mereka juga mengambil berbagai jenis buah seperti cempedak, langsat, pisang, dan durian untuk dimakan. Terkadang, buah-buahan ini juga dijual untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Begitu pula dengan kayu-kayu yang diambil dari hutan.

Hutan bagi mereka seperti seorang orang tua yang memberikan segala yang diperlukan untuk hidup setiap hari. Oleh karena itu, menjaga kelestariannya adalah suatu kewajiban yang tak terelakkan. Hal ini dilakukan demi memastikan kehidupan mereka saat ini serta untuk mewariskan kepada anak cucu di masa depan.

Masyarakat adat di Distrik Konda memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan pengakuan wilayah mereka sebagai hutan adat oleh pemerintah pusat. Langkah pertama yang mereka ambil adalah melakukan pemetaan wilayah secara partisipatif dengan melibatkan semua anggota masyarakat. Proses ini difasilitasi oleh Konservasi Indonesia, sebuah yayasan yang memiliki fokus dalam pelestarian lingkungan.

Menjaga Harmoni dalam Konflik Antar Suku: Solusi Pemetaan Dua Bahasa

Pemetaan partisipatif ini bukanlah hal yang mudah dilakukan. Dimulai dengan mengidentifikasi tempat-tempat penting dalam kehidupan suku-suku yang berbeda, seperti tempat asal mula, tempat keramat, benteng perang, dan kuburan leluhur.

Kemudian, langkah selanjutnya adalah menetapkan lokasi-lokasi penting yang menjadi sumber penghidupan, seperti dusun sagu, hutan berburu, tempat mencari ikan di sungai, dan muara.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.