Example floating
Example floating
Teknologi Digital

Terungkap! Negara Kehilangan Rp 353 Miliar karena Ponsel Ilegal!

×

Terungkap! Negara Kehilangan Rp 353 Miliar karena Ponsel Ilegal!

Sebarkan artikel ini
Terungkap! Negara Kehilangan Rp 353 Miliar karena Ponsel Ilegal!
Terungkap! Negara Kehilangan Rp 353 Miliar karena Ponsel Ilegal!
Example 468x60

MEMO

Kepolisian telah mengungkap kasus IMEI ilegal yang merugikan negara hingga mencapai Rp 353 miliar. Dalam konferensi pers, Kepala Divisi Tipidsiber Bareskrim Polri, Adi Vivid, mengungkapkan bahwa lebih dari 191 ribu unit ponsel akan dimatikan, termasuk 176.874 iPhone, yang terlibat dalam transaksi ilegal ini.

Example 300x600

Kasus ini menimbulkan keprihatinan karena mayoritas ponsel ilegal ternyata bisa ditemukan di toko-toko resmi, sehingga pembeli tidak menyadari bahwa mereka membeli ponsel bajakan.

Kepolisian Matikan Ratusan Ribu HP, Termasuk 176.874 iPhone

Kepolisian telah mengungkap bahwa ratusan ribu ponsel akan dimatikan, termasuk 176.874 iPhone yang terlibat dalam kasus IMEI ilegal pada aplikasi CEIR.

Kepala Divisi Tipidsiber Bareskrim Polri, Adi Vivid, menjelaskan bahwa iPhone adalah ponsel yang paling banyak akan dimatikan, dengan total 191 ribu unit ponsel yang akan dimatikan.

“Dari jumlah tersebut, mayoritasnya adalah iPhone, sekitar 176.874 ponsel,” ujar Adi dalam konferensi pers pada Jumat (31/7/2023).

Menurutnya, ponsel-ponsel tersebut diduga juga bisa ditemui di toko-toko resmi. Hal ini menyebabkan ponsel yang dibeli oleh konsumen menjadi ponsel bajakan.

“Ada dugaan bahwa nanti kita bisa membeli handphone secara resmi, namun ternyata handphone yang dibeli adalah hasil dari ulah para tersangka ini. Artinya, handphone tersebut merupakan produk bajakan,” jelasnya.

Dalam kasus mafia IMEI ini, kepolisian berhasil mengamankan enam tersangka. Salah satunya merupakan pegawai ASN di Kementerian Perindustrian dan seorang lagi adalah pegawai Bea Cukai.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang juga telah mengungkapkan bahwa ada karyawan di kementeriannya yang menjadi tersangka dalam kasus IMEI ilegal.

Sebagai informasi, handphone yang digunakan pada jaringan operator seluler harus melalui validasi IMEI terlebih dahulu. IMEI ponsel yang terdaftar dikelola melalui teknologi bernama CEIR (Centralized Equipment Identity Register).

Agus mengungkap bahwa CEIR dikelola oleh empat lembaga, yaito Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan, dan operator seluler.

Kasus IMEI yang diungkap oleh kepolisian merujuk pada masuknya produk elektronik tanpa prosedur yang sesuai, yang merupakan transaksi ilegal dan merugikan negara.

Akibat aksi ilegal ini, negara mengalami kerugian sebesar Rp 353 miliar.

Kabareskrim Polri, Wahyu Widada, menjelaskan kronologi kasus tindak pidana akses ilegal ke Sistem CEIR (Centralized Equipment Identity Register) yang berada di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Pelanggaran ini dilakukan oleh para mafia yang memasukkan HP ilegal ke Indonesia tanpa mengikuti prosedur pendaftaran IMEI yang berlaku. Hal ini menyebabkan negara mengalami kerugian sebesar Rp 353 miliar.

Wahyu menyebut aksi ilegal ini dilakukan selama 10 hari, mulai tanggal 10-20 Oktober 2022.

Wahyu menjelaskan bahwa para pelaku seharusnya mengikuti prosedur permohonan agar IMEI disetujui oleh Kemenkominfo. Namun, para pelaku langsung memasukkan IMEI untuk 191.965 ponsel ke CEIR tanpa proses yang sah.

Celah Proses Validasi IMEI Bocor, Ponsel Bajakan Merajalela!

“Modus operandi para pelaku adalah mereka tidak melakukan proses permohonan IMEI hingga mendapatkan persetujuan Kemkominfo, atau secara tanpa hak langsung memasukkan data IMEI tersebut ke aplikasi CEIR,” ujar Wahyu saat konferensi pers di Bareskrim Polri pada Jumat (28/7/2023).

Dari total jumlah ponsel ilegal yang diungkap, mayoritas adalah produk iPhone, yakni sebanyak 176.874 perangkat.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.