Surabaya, Memo
Green marketing dan digital marketing untuk pelakmu usaha mikro kecil dan menengah digarap Prodi Bisnis digital dan Informatika IT Telkom Surabaya. Bekerja sama dengan Telkom CDC, melkukan pembinaan dan bimbingan pelaku usaha kecil menengah
Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) sebagai penggerak besar atas perkembangan roda ekonomi dan kesejahteraan warga Indonesia seperti yang tercantum pada UUD 1945 pasal 33 ayat 4.
Peranan besar ini disokong dengan data Kementrian Koordinator sektor ekonomi lewat siaran Pers pada 20 Mei 2022 lalu di mana kontributor UMKM capai 61% pada Produk Lokal Bruto (PDB) nasional dan sukses mempernyerap 97% dari keseluruhan angkatan kerja dan bukti kuat jika pada tiap masa kritis,
UMKM jadi buffer yang memiliki sifat resilien dan dapat sembuh secara baik. Dari sumber yang serupa di tahun 2021 UMKM sukses menyumbangkan 8.573,89 triliun pada PDB.
Kekuatan yang besar sekali ini menggerakkan ITTelkom Surabaya bersama dengan Telkom CDC (Community Development Center) lakukan pembimbingan pada UMKM yang ada di bawah Telkom CDC. Pembimbingan diringkas dalam program dedikasi warga oleh prodi Bisnis Digital dan informatika ITTelkom Surabaya yang diadakan pada Kamis, 30 Juni 2022 kemarin.
“Penyeleksian partner dedikasi ke warga didasari atas kemauan untuk bersinergi dalam cakupan organisasi Telkom terutamanya Telkom CDC dalam peningkatan UMKM sebagai yang menerima kontribusi dana CSR.” Jelas Sekar Widyasari Putri sebagai ketua panitia, Senin (18/7/2022).
Di dampingi oleh dua dosen yang lain: Riza Akhsani Setyo Prayoga (dosen Digital Bisnis) dan Ahmad Wali Satria Bahari Johan (dosen Informatika), tak lupa juga mengikuti masukkan beberapa mahasiswa agar bisa mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam masyarakat diantaranya Ghouzul, Vagnes dan Jenny yang disebut mahasiswa dari Digital Bisnis.
Pembimbingan ini dilaksanakan atas ada masalah berkurangnya pemasaran yang dirasakan UMKM.