Example floating
Example floating
Entertainment

9 Penyakit Yang Jadi Wabah dan Virus Seluruh Dunia, Selain Covid 19

×

9 Penyakit Yang Jadi Wabah dan Virus Seluruh Dunia, Selain Covid 19

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Covid-19 menjadi wabah penyakit yang tak kunjung selesai hingga saat ini. Seperti yang kita ketahui, penyakit menular yang begitu mematikan ini pertama kali muncul di Wuhan, China 2020 lalu.

Sebelum covid, ternyata ada beberapa penyakit lain yang pernah melanda muka bumi, dan beberapa diantaranya sangat mematikan.

Example 300x600

Wabah yang Pernah Melanda Dunia

wabah
ilustrasi virus

Mengutip dari laman resmi kementerian kesehatan (kemkes), Sabtu 22 Januari 2022, berikut beberapa wabah penyakit mematikan yang pernah menyerang dunia:

1. Pes

Pes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis dimana bakteri ini dibawa oleh kutu yang tinggal di hewan tikus. Orang akan terinfeksi penyakit pes melalui gigitan kutu tikus atau gigitan tikus yang sudah terinfeksi.

Penyakit pes ini terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan bagian tubuh yang terinfeksi, diantaranya :

Merupakan penyakit pes yang paling umum dijumpai. Pada pes bubonik bakteri berjalan melalui sistem limfatik dan berakhir pada kelenjar getah bening. Tanda dan gejala penderita pes bubonik adalah demam disertai menggigil, badan terasa lemas, kejang, nyeri otot, sakit kepala, munculnya bengkak sebesar telur ayam pada pangkal paha, selangkangan, leher atau ketiak.

Pada pes septicemik, bakteri sudah memasuk sistem peredaran darah. Tanda dan gejala yang muncul berupa demam disertai menggigil, badan sangat lemas, nyeri perut disertai diare, mual muntah, syok, perdarahan dari mulut, hidung, dubur atau di bawah kulit dan kulit yang menghitam karena adanya jaringan yang mati.

Pes yang paling berbahaya karena bakteri sudah menyerang paru-paru. Tanda dan gejala yang muncul adalah demam tinggi, sakit kepala, badan lemas, mual muntah, nyeri dada, batuk darah atau liur dan lendir berdarah serta sesa nafas.

Penyakit pes ini pernah menjadi wabah di dunia dimulai pada tahun 541 dan sekitar 25 orang meninggal dunia akibat penyakit mematikan ini serta menghancurkan tiga benua sekaligus yaitu Asia, Afrika, dan Eropa.

2. Kolera

Kolera pertama kali muncul di Jessore, India pada tahun 1817-1823. Wabah ini menyebar dari sungai Gangga hingga ke Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika Utara.

Seorang dokter di Inggris bernama John Snow berhasil melacak bahwa penyebab dari wabah ini adalah air yang tercemar. Disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae yang menginfeksi saluran cerna yaitu usus halus.

3. Flu Spanyol

Penyakit menular ini disebabkan oleh virus H1N1 yang biasanya menyerang burung. Flu Spanyol pertama kali muncul tahun 1918 hingga 1920 pada saat Perang Dunia I masih berlangsung.

Di Amerika Utara, flu ini pertama kali muncul di Kansas pada awal 1918, selanjutnya di Eropa pada musim semi. Pada musim semi 1918 di Madrid, flu menyebabkan pandemi sehingga disebut “Flu Spanyol.” Sekitar 500 juta orang menjadi korban dari penyakit ini dan sekitar seperlima dari total tersebut meninggal dunia.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.