8 Cara Mengolah Daging Kurban Agar Masakan Dagingnya Empuk dan Enak

cara memasak daging kurban agar emuk dan enak

Hari Iduladha akan datang sebentar lagi. Bagi Anda yang ingin mengolah atau memasak daging kurban ada beberapa tipsnya. Beikut ini, 8 Cara Mengolah Daging Kurban Agar Masakan Dagingnya Empuk dan Enak

Hal itu bertujuan agar daging kurban yang diolah empuk. Mengutip Tasteofhome berikut cara mengolahnya;

Bacaan Lainnya
Post ADS 1

1. Bumbu marinasi

Manfaatkan bumbu marinasi untuk melunakkan daging, misalnya dengan menggunakan bahan-bahan asam seperti jus lemon, cuka atau buttermilk yang mana tidak hanya menambah rasa tetapi juga memecah protein yang keras, memberi daging pre-cook sebelum akhirnya dipanggang.

Namun, pastikan Anda tidak membiarkannya terlalu lama, cukup 30 menit hingga dua jam atau daging malah akan menjadi terlalu lunak dan lembek.

2. Manfaatkan garam

Mau dimarinasi atau tidak, setidaknya pastikan untuk memberi garam pada daging sebelum memasak. Garam menarik keluar uap air dari dalam daging, memekatkan rasa dan menciptakan air asin alami. Tidak seperti bumbu perendam, kita dapat memberi garam pada daging hingga 24 jam.

3. Lunakan daging secara fisik

Untuk potongan keras seperti leher, lunakkan daging dengan cara dipukul-pukul dengan palu daging untuk memecah serat otot yang keras. Cukup pukul-pukul dengan ringan dengan menggunakan tepi kasar palu daging.

Jika tak punya palu khusus daging, cara mudahnya ialah mencetak permukaan dalam pola crosshatch dengan pisau atau menggunakan garpu untuk menyodok lubang kecil ke dalam daging.

4. Masak dengan cara low dan slow

Jika tipe daging yang dimasak adalah potongan daging yang keras dan berserat, maka sebaiknya teknik memasak yang diaplikasikan adalah slow-cooker. Masak daging setidaknya dalam kurun waktu empat jam atau lebih di dalam oven atau slow cooker.

5. Mengistirahatkan daging

Pos terkait

Post ADS 1