5 Macam Produk Olahan Madu yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
5 Macam Produk Olahan Madu yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
banner 468x60

PADA masa pandemi ini, kita harus pintar-pintar menjaga kesehatan. Ditambah lagi, saat ini sedang memasuki musim penghujan, sehingga kita perlu perlindungan ekstra untuk menjaga kesehatan.

Pada dasarnya, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan seperti berolahraga dengan teratur, makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan menjaga kebersihan. Terlebih, saat wabah covid-19 ini penggunaan masker dan rajin mencuci tangan merupakan “perisai” utama kita untuk melindungi diri dan penyakit.

Bacaan Lainnya

Namun, disamping itu Anda juga bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ada beberapa suplemen yang bisa Anda pilih, namun yang paling baik dan tidak memiliki efek samping adalah dengan mengonsumsi madu asli. Dikutip dari Alodokter, berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi madu bagi kesehatan.

Menangkal radikal bebas. Madu mengandung senyawa fitonutrien dan beberapa vitamin yang merupakan antioksidan alami. Hal ini menjadikan madu berkhasiat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Meningkatkan imunitas. Madu bisa mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh sehingga mencegah terjadinya infeksi. Madu juga berkhasiat sebagai antibakteri dan antijamur.

Meredakan batuk. Madu bisa meredakan radang karena mengandung berbagai antioksidan serta bisa memicu produksi air liur untuk melembabkan tenggorokan. Menjaga kesehatan sistem pencernaan. Madu bisa mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Memelihara kesehatan jantung. Madu berkhasiat untuk menurunkan tekanan darat dan kadar kolesterol jahat.

Setelah mengetahui beberapa manfaat madu asli, tentu Anda juga sudah familiar dengan madu kemasan yang mudah didapatkan. Namun, mungkin saja mengonsumsi madu kemasan membuat Anda merasa bosan dan ingin mengonsumsi madu dengan cara yang lain. Nah, berikut beberapa produk olahan madu yang bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Permen Madu.

Produk olahan madu yang pertama adalah permen madu. Permen madu ini sangat mudah ditemui di minimarket ataupun di online shop seperti aplikasi Blibli. Permen madu dinilai lebih praktis dan mudah untuk dikonsumsi.

Anda bisa mengonsumsi permen madu ketika sedang dalam perjalanan, bekerja, sekolah, ataupun sambil melakukan aktivitas lain. Cara konsumsi yang praktis ini tentu semakin mempermudah upaya menjaga kesehatan di tengah wabah covid-19 ini. Permen madu juga memiliki beberapa kombinasi rasa, seperti rasa mint dan jahe yang menghangatkan.

Yogurt Madu.

Produk olahan madu yang kedua adalah yogurt madu yang bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui supermarket dan secara online melalui aplikasi Blibli. Yogurt madu ini merupakan cara baru yang menyenangkan untuk mengonsumsi madu, terutama bagi anak-anak atau bagi Anda yang ingin menikmati madu dengan rasa lain.

Sesuai dengan namanya, yoghurt madu ini merupakan kombinasi antara madu dan susu yang memiliki cita rasa yang nikmat. Sehatnya madu ditambah dengan kandungan dalam susu makin bermanfaat baik bagi kesehatan Anda.

Coklat Madu.

Produk olahan madu selanjutnya adalah coklat madu. Saat ini, ada berbagai produk coklat yang dikombinasikan dengan madu dan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Selain dalam bentuk coklat batangan, Anda juga bisa membuat minuman coklat madu di rumah dengan mudah.

Beberapa bahan yang perlu Anda siapkan adalah madu asli, cooking chocolate yang dilelehkan, gula pasir, dan susu cair. Kemudian satukan dan aduk semua bahan tersebut secukupnya dengan air panas. Anda juga bisa menambahkan gelatin dan whipping cream. Selain menyehatkan, mengonsumsi madu asli dan coklat juga bisa membuat Anda merasa bahagia.

Sirup Madu.

Produk olahan madu lain yang bisa Anda nikmati adalah sirup madu. Sekilas, sirup madu memang sama seperti madu cair pada umumnya. Namun yang membedakan adalah sirup madu biasanya dijual sebagai madu asli atau madu murni tanpa campuran bahan lain yang tentunya memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan.

Sirup madu bisa Anda konsumsi sebagai minuman dengan cara melarutkan madu asli dan sedikit gula dengan air hangat. Anda juga bisa menambahkan air dingin atau menyimpannya di lemari es agar terasa lebih nikmat.

Selai Madu.

Produk olahan madu berikutnya adalah selai madu yang bisa Anda beli secara online. Selai madu dijual dalam varian madu asli dan tambahan rasa lain seperti nanas atau stroberi. Selain membeli dalam bentuk jadi, Anda juga bisa membuat selai madu sendiri dengan menggunakan sirup madu asli.

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan, yang pertama adalah dengan menggunakan sirup madu langsung sebagai selai, dan yang kedua adalah dengan memasak sirup madu terlebih dahulu. Anda bisa memanaskan madu asli dengan panci anti lengket, kemudian menambahkan gula dan lemon kemudian mengaduknya sampai mencair. Setelah dingin, Anda bisa oleskan selain madu pada roti atau menyimpannya ke dalam wadah lain.

Nah, itulah beberapa olahan produk madu dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan. Anda perlu mengonsumsi madu asli rutin setiap harinya untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh dari paparan virus dan penyakit.

Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat ya! Anda bisa mencari dan membeli secara online berbagai produk madu asli melalui aplikasi Blibli. Tersedia beberapa metode pembayaran yang mudah dan aman serta promo menarik yang bisa Anda dapatkan.

Pos terkait