Example floating
Example floating
i-Marketing

2 Cara Promosi dengan Metode Whatsapp Marketing

×

2 Cara Promosi dengan Metode Whatsapp Marketing

Sebarkan artikel ini
Metode Whatsapp Marketing
Example 468x60

Memo.co.id

Cara Promosi Whatsapp Marketing belakangan ini menjadi trent di kalangan internet marketer. Kegiatan pemasaran atau promosi dengan memanfaatkan aplikasi chat Whatsapp, merupakan ciri khas pemasar online Indonesia. Di luar negeri, kegiatan marketing menggunakan aplikasi Wathsapp, jarang terjadi.

Namun, di Indonesia, menggunakan Whatsapp, sudah menjadi kegiatan marketing. Bahkan, Indonesia dikenal memanfaatkan aplikasi chat ini, dibanding menggunakan aplikasi atau tool marketing lain, misalnya facebook atau twitter serta aplikasi sosial media lainnya.

Karena Whatsapp merupakan aplikasi chat, untuk menggunakan aplikasi tersebut sebagai media promosi, harus menggunakan cara cara yang tepat.

Perbedaan Dua Metode Promosi Whatsapp Marketing, Mencari Target dan Mencari Magnet

Di bawah ini, setidaknya, ada da cara melakukan promosi melalui whatsapp. Dua metode ini, banyak dilakukan pemasaran digital marketer; yaitu metode mencari target dan metode mencari magnet. Untuk detil penjelasan dan melihat perbedaan keduanya, saya akan membahasnya satu per satu.

I. Metode Mencari Target

Mencari target disini artinya kita fokus mencari sebanyak-banyaknya no WA aktif (bisa dihubungi).
Setelah punya database no WA tersebut, lalu langkah berikutnya adalah mengirimkan pesan penawaran.
Ini bisa via chat manual satu per satu, bisa juga menggunakan fitur broadcast secara legal yang disediakan oleh whatsapp atau bisa juga menggunakan tools tambahan tertentu.

Beberapa cara umum yang banyak dilakukan untuk mendapatkan database no WA adalah:
1. Membeli database no WA dari pihak tertentu
2. Scrape no WA dari sebuah grup WA atau dari internet menggunakan tools tertentu
3. Menggunakan sistem random generate no WA memakai tools tertentu
Biasanya untuk memastikan keaktifan nomor WA yang didapat dari ketiga cara di atas adalah menggunakan bantuan tools validator nomor.

Setelah mendapatkan list no WA yang aktif (valid) barulah mengirimkan pesan penawaran.

Waspadai Masalah Whatsapp Marketing Yang Mulai Muncul

1# Biasanya pesan yang dikirim langsung jualan padahal si penerima sama sekali belum mengenal kita.
Ini sama seperti laki-laki mendatangi wanita langsung nembak mengajak menikah. Tidak melalui tahapan pendekatan, sehingga berakhir dengan penolakan.
2# Karena pesan dianggap spam, banyak penerima yang marah, memblokir dan juga melakukan report.
Ini tentu berbahaya dan sangat beresiko menyebabkan akun WA pengirim dibanned oleh pihak whatsapp.
3# Karena database no WA-nya banyak, sehingga pengiriman pesannya massal. Ini akan sulit dilakukan secara manual, dan biasanya menggunakan tools.

Masalahnya adalah sebagus apapun tools yang digunakan, biasanya akan tetap memiliki masalah dalam penggunaannya.
Selain itu resiko akun WA pengirim pesan dibanned oleh pihak whtsapp juga sangatlah besar.
Kita harus menyadari bahwa hakikatnya aplikasi seperti whatsapp ini dibuat untuk tujuan komunikasi normal manusia bukan pesan massal spam via robot.
Artinya jika whatsapp punya sistem atau mekanisme untuk bisa mengenali aktivitas yang tidak normal dari seorang penggunanya adalah hal yang wajar.

Poin Penting Menggunakan Metode Mencari Target

Beberapa poin penting jika Anda tertarik menggunakan metode mencari target ini:
• Gunakan foto profil yang profesional
• Tulislah kalimat penting di bagian info atau deskripsi profil
• Kirimkan konten yang bermanfaat jangan langsung promosi
• Kenalkan siapa Anda
• Gunakan pesan yang singkat dan mudah dipahami
• Jualan hanya produk yang terbukti bagus
• Gunakan trik jualan softselling
• Sertakan cara mereka berhenti menerima pesan misalnya mereka bisa balas dengan kata STOP
Meskipun Anda sudah mempraktekan semua poin di atas, jangan kaget kalau hasilnya belum memuaskan.
Anda harus siap jika menerima balasan dengan bahasa yang kasar, marah, blokir bahkan banned akun WA.
Itu karena mereka tidak merasa memberikan no WA nya kepada Anda tapi tiba-tiba dapat pesan promo.

Tips Mengirim Pesan Whatsapp Marketing

Tips untuk mengirim pesan kepada orang yang baru adalah jangan langsung promosi karena mereka masih termasuk cold market.
Ubah mereka jadi warm market, pelan-pelan dibuat mengenal Anda. Untuk menciptakan trust, tawarkan bantuan, berikan sample produk, atau tunjukan bukti.
Contoh:
Anda menjual konten tulisan (artikel) siap pakai untuk blog, telegram channel, email marketing dll. Anda bisa kirim pesan WA seperti ini:
“Halo Kak, kenalkan nama saya XXXX, saya menjual konten tulisan (artikel) untuk dijadikan postingan blog, telegram channel, email marketing, sosmed dll.
Saya punya 5 contoh konten tulisan yang sudah jadi. Kalau Kakak berminat untuk melihatnya, silahkan balas chat WA ini dengan kata “MAU LIHAT SAMPLE”.
Sedangkan kalau Kakak sama sekali tidak butuh konten tulisan seperti itu, Kakak bisa balas dengan kata “STOP” agar saya tidak lagi mengirim pesan berikutnya.”

Dengan pesan seperti itu mereka akan mendapat gambaran terkait kualitas produk yang ditawarkan.
Meminta mereka membalas pesan dengan jawaban minat atau stop itu bisa memfilter atau segmentasi agar promosi efektif hanya kepada yang berminat saja.
Jadi mereka yang balas dengan kata “STOP” maka no-nya bisa dihapus agar tidak menerima promosi lagi.
Ketika mereka mau membalas pesan, whatsapp juga akan menilai bahwa komunikasi tersebut normal. Dan ini penting untuk menghindari banned.
Itu adalah beberapa tips, tapi pada dasarnya metode mencari target seperti ini kurang cocok digunakan untuk bisnis yang butuh branding yang elegan.

II. Metode Menjadi Magnet

Sesuai namanya ‘menjadi magnet’ maka disini bukan kita yang mengejar calon pembeli melainkan sebaliknya yaitu mereka yang mendatangi kita.
Terdengar lebih keren kan?

Saya menyarankan Anda menggunakan metode ini jika bisnis Anda membutuhkan branding yang baik.
Kelebihan metode ini:
• Tidak ada resiko blokir, report atau banned
• Berfokus pada kualitas database
• Branding menguat dan bermanfaat jangka panjang
• Lebih elegan dan juga efektif
Contoh langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mempraktekan metode ini:
Buatlah give away atau sediakan penawaran gratis yang bernilai dan menarik untuk calon pembeli.
Dari contoh sebelumnya yaitu jika kita menjual kumpulan konten tulisan (artikel) siap pakai.
Misalnya, ambil 5 konten sample, jadikan 1 file PDF. Tawarkan secara gratis dimana mereka bisa pakai konten tersebut untuk berbagai keperluan.
Simpan file PDF di Google Drive, ambil linknya, lalu bungkus dengan bitly.com agar lebih pendek.

Agar file PDF tersebut lebih menarik, buatlah sebuah cover 3d (gambar seperti kemasan buku) untuk ditampilkan di web landingpage penawaran.
Visitor web yang ingin mendapatkan file PDF tersebut menekan tombol yang mengarah ke chat WA no Anda.
Dari chat tersebut Anda bisa berikan link download yang sudah dipendekan bitly tadi. Anda juga bisa tawarkan diskon atau bonus untuk mereka yang berminat beli kumpulan konten versi berbayarnya.
Dengan mereka chat duluan maka nama mereka akan muncul, dan bisa Anda simpan ke Google Contact. Itulah database Anda yang legal dan berkualitas.
Legal artinya mereka datang sendiri dengan sukarela, sedangkan berkualitas artinya mereka jelas memiliki minat terhadap penawaran Anda.
Meskipun begitu, Anda harus tetap tawarkan kata “STOP” di setiap pesan agar list Anda tetap sehat. Itulah beberapa Cara Promosi Whatsapp Marketing

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.