Perusahaan teknologi asal Indonesia, Tokopedia terus mendorong pemerataan ekonomi daerah, termasuk di daerah wisata Bali. Salah satunya melalui inisiatif Hyperlocal yang telah menghasilkan berbagai dampak positif bagi para UMKM Bali hingga masyarakat secara umum.
External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, terdapat berbagai program turunan inisiatif Hyperlocal yang dilakukan oleh Tokopedia dalam mendorong UMKM. Diantaranya melalui Digitalisasi Pasar Tradisional, Sekolah Kilat Seller, hingga Mitra Tokopedia.
“(Program itu) Telah mendorong peningkatan transaksi UMKM Bali hingga 2x lipat pada 2021 dibandingkan dengan 2020,” kata Ekhel, belum lama ini.
Bahkan, lanjutnya, Tokopedia juga sukses mencatat kategori yang mengalami peningkatan transaksi paling tinggi pada 2021 dibandingkan 2020, khususnya di Bali. Transaksi tinggi tersebut diantaranya untuk kategori kecantikan, makanan dan minuman serta kesehatan dan perawatan diri.
“Pada tahun yang sama, di Bali, tirai matahari, sayur-sayuran serta masker dan hand sanitizer merupakan beberapa produk yang paling diburu masyarakat lewat Tokopedia,” ungkapnya.