Rahasia Tak Terduga! 7 Minuman Herbal Tingkatkan Ketahanan Tubuh

Rahasia Tak Terduga! 7 Minuman Herbal Tingkatkan Ketahanan Tubuh
Rahasia Tak Terduga! 7 Minuman Herbal Tingkatkan Ketahanan Tubuh

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa minuman herbal yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh:

  1. Kunyit Menurut Everyday Health, kunyit dikenal dalam sejarah pengobatan Ayurveda karena kemampuannya dalam meredakan peradangan.

Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan, makanan yang memiliki sifat anti-peradangan diyakini dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan gejala flu dan pilek. Kurkumin, senyawa utama dalam kunyit, memiliki sifat anti-peradangan dan antioksidan yang kuat.

Bacaan Lainnya

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan penanda stres oksidatif.

  1. Jahe Sama seperti kunyit, jahe telah lama digunakan dalam pengobatan untuk meredakan sakit kepala, gejala pilek, mual, dan muntah.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Ethnopharmacology, jahe segar terbukti dapat mencegah pembentukan plak dari virus pernapasan yang sering menyebabkan gejala ringan seperti pilek.

Kunyit, Jahe, Ginseng: Meningkatkan Kekebalan Tubuh dengan Herbal Pilihan

  1. Peppermint Peppermint mengandung berbagai flavonoid, senyawa tumbuhan yang memiliki dampak positif pada kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Flavonoid dianggap sebagai pembantu yang efektif dalam menjaga dan memperbaiki kesehatan tubuh. Menurut Bazilian, peppermint membantu tubuh dalam berbagai proses seperti reaksi, perlindungan, dan perbaikan harian.

  1. Ginseng Studi menunjukkan bahwa ginseng memiliki efek memperkuat sumbu HPA, yang bertanggung jawab dalam mengatur respons sistem kekebalan terhadap stres.

Ketika stres kronis melemahkan sistem kekebalan tubuh, penting untuk memiliki sumbu HPA yang kuat guna membantu mengelola dampak stres terhadap kesehatan. Frost, seorang pakar pengobatan herbal di American College of Traditional Chinese Medicine, menjelaskan bahwa dengan memperkuat sumbu HPA, kita juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Bawang Putih Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga bermanfaat dalam meningkatkan ketahanan tubuh.

Bawang putih memiliki sifat antimikroba yang kuat, terutama dalam usus. Diyakini bahwa bawang putih memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antiprotozoal, membantu melawan infeksi saluran pernafasan dan dada.

  1. Echinacea Menurut Greatist, echinacea atau bunga coneflower bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi sel pembunuh alami dan melawan penyakit.

Sebuah analisis pada tahun 2015 menyimpulkan bahwa echinacea sangat bermanfaat bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, bahkan dapat mengurangi risiko pilek hingga 35%.

  1. Teh Hijau Kandungan katekin dan antioksidan dalam teh hijau membuatnya efektif dalam menjaga tubuh dari radikal bebas dan infeksi yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa minuman herbal yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Meningkatkan Ketahanan Tubuh dengan 7 Minuman Herbal yang Efektif

Dari aspek kesehatan yang beragam ini, adalah penting untuk memahami peran serta manfaat yang ditawarkan oleh minuman herbal dalam mempertahankan ketahanan tubuh. Dengan pemahaman yang mendalam tentang sifat-sifat herbal ini, kita dapat lebih baik mempersiapkan diri dalam menghadapi ancaman penyakit di tengah cuaca yang tidak menentu.