Memo.co.id- ( MADIUN) Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik dan Pelatihan Aplikasi Sinovik, untuk memberikan gambaran umum dan motivasi kepada kepada unit pelayanan publik dalam menciptakan Inovasi Pelayanan Publik sehingga kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara pelayanan semakin meningkat dan kualitas pelayanan menjadi semakin baik.
Sebagai Nara Sumber berasal dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Republik Indonesia Dr.Muhammad Imanudin,SH,M.Si, Asisten Deputi Inovasi Sistem Informnasi Pelayanan Publik ; Era Sri Utomo,S.Kom, AnalIsis Sistem Informasi.
Dalam sambutannya Walikota Madiun H. Bambang Irianto, SH,MM menyampaikan, Perubahan pola pikir masyarakat yang semakin kritis dan berkembang secara otomatis berdampak pada keinginan mereka untuk mendapatkan pelayanan yang cepat dan mengubah budaya kerja dan pola pikir dalam memberikan layanan terbaik. Mengingat hal tersebut Pemerintah melaksanakan satu Gerakan satu Instansi, satu Inovasi ( One Agency, One Innovation ) guna mempercepat peningkatan kualitas palayanan publiK melalui pembangunan dan pengembangan Inovasi pelayanan public secara kompetitif di lingkungan Kementrian, Lembaga dan Pemerintah Daerah. Satu Instansi, satu Inovasi ( One Agency, One Inovation ) adalah Gerakan yang mewajibkan kepada setiap Kementrian, Lembaga dan Pemerintah Daerah ( Propinsi dan Pemerintah Daerah ( Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk menciptakan minimal 1 Inovasi Pelayanan Publik setiap tahun.
Lebih Lanjut disampaikan, bentuk Inovasi pelayanan public ini sendiri dapat berupa ide kreatif maupun terobosan baru lainnya dalam peningkatkan peningkatan pelayanan pubkik. Inovasi tidak harus penemuan baru yang bersifat korektor atau perbaikan. Sehingga dalam pelayanan terjadi peningkatan atau perluasan, lebih fokus serta terarah . Dalam hal ini Pemerintah mengadakan kompetisi Inovasi pelayanan public yang bertujuan untuk memacu unit pelayanan bisa bersaing menuju tata kelola pemerintahan yang baik, pelayanan prima dan tidak ada komplain.
Walikota berharap, dengan adanya Sosialisasi ini, para peserta dapat memahami secara baik dan mampu mengiformasikan materi yang diterima kepada rekan kerja kepada SKPDnya masing-masing, sehingga bisa diharapkan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Madiun dapat menciptakan Inovasi pelayanan Publik. Selanjutnya kepada SKPD Walikota berharap untuk berkomitmen dan memberikan motivasi kepada bawahannya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat melalui Inovasi pelayanan publik. Kepada para nara sumber diharapkan, supaya memberikan penjelasan secara praktis dan mudah diterima oleh peserta dan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya apabila peserta belum mengerti. (dhanny)