Padi Varietas Cakrabuana Hanya 80 Hari Bisa Panen

Padi Varietas Cakrabuana Hanya 80 Hari Bisa Panen

Bupati Bone Bolango Hamim Pou bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo melakukan panen bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Cakrabuana dan Bioni Ciherang produksi benih padi varietas unggul baru (VUB) di lahan persawahan padi di Desa Iloheluma, Kecamatan Tilongkabila, Bone Bolango, Rabu (16/3/2022).

“Hari ini saya melakukan panen padi varietas Cakrabuana atau Popiler di kalangan para petani kita disebut varietas tentara. Ini usianya hanya 80 hari sudah bisa di panen dan hasil ubinannya sekitar 7,2 ton per hektare,” kata Bupati Hamim usai melakukan panen.

Bacaan Lainnya
Post ADS 1

Orang nomor wahid di Bone Bolango ini mengatakan bahwa para petani di wilayahnya menggunakan varietas ini. “Sangat luar biasa. Apalagi kita ini tidak punya areal persawahan yang luas,” ujarnya.

Menurut Hamim, Bone Bolango saja tidak cukup 3.000 ribu hektar lahan persawahannya, tapi kabupaten yang dipimpinnya punya kekuatan BPTP di sini, ada irigasi sekunder dan tersier. “Bahkan kami punya irigasi utama di Gorontalo, yakni Irigasi Lomaya dan Irigasi Alale.”

Pos terkait

Post ADS 1