“Kami memberikan berbagai promo seperti diskon s/d 70%, produk-produk yang dijual dengan harga di bawah Rp 50.000 serta voucher diskon toko sampai 50% yang akan aktif di tanggal tertentu selama periode kampanye 6.6 berlangsung,” katanya lago.
Di Hari Puncak Kampanye, penjualan yang dikantongi Maria bisa naik mencapai tiga kali lipat order harian di waktu biasa. Bantuan yang diberikan oleh Shopee tidak hanya berhenti sampai membantu penjualan kami di dalam negeri saja, tetapi juga ke luar negeri dengan mengikuti Program Ekspor Shopee sejak April 2020.
Selanjutnya, program ekspor yang diberikan oleh Shopee dirasakan Maria sangat nyata membantu memperluas pasar Proven Sprei. Saat ini, Proven Sprei sudah berhasil menjual produknya ke berbagai negara tujuan ekspor Shopee seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Thailand.
Melalui program ekspor yang dilakukan oleh Shopee, penjualan Proven Sprei selalu meningkat setiap bulannya. “Saya merasa senang dengan edukasi, pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh Shopee sehingga Proven Sprei bisa merambah ke pasar global,” tuturnya.
Proses ekspor yang dibantu oleh Shopee juga memberikan kemudahan bagi penjual untuk tetap bisa fokus dalam meningkatkan kualitas dan desain produk kita agar dapat bersaing di luar negeri. Pesanan ekspor pertama datang dari Singapura dan sampai sekarang mayoritas pesanan ekspor lebih dari 70% dari sana.
“Pesanan terpopuler adalah sprei tipe katun, ini juga merupakan produk yang paling banyak dibeli oleh pelanggan kami di Indonesia. Sejak saat itu saya bersemangat untuk dapat terus meningkatkan penjualan ekspor bersama dengan Shopee. Proven sendiri artinya terbukti dalam Bahasa Inggris, dengan perjalanan ekspor bersama Shopee ini, rasanya Proven, sprei Tangerang desainnya cocok untuk pelanggan di mancanegara dan tidak kalah kualitasnya,” ujarnya.
Hal ini sejalan dengan komitmen Shopee dalam membawa produk lokal menuju global melalui berbagai kolaborasi yang dilakukan, seperti peresmian Kampus UMKM Shopee Ekspor di Surakarta sebagai lanjutan kolaborasi strategis untuk membawa UMKM Surakarta untuk bisa ekspor dengan mewujudkan 10.000 eksportir asal Surakarta pada akhir tahun ini.
Kemudian, kolaborasi dengan Sekolah Ekspor, asosiasi gabungan antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia serta Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (SMESCO) untuk mewujudkan 500.000 eksportir hingga tahun 2030. Program yang dimulai sejak awal Maret 2021 ini juga didukung Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Perdagangan.
Kedepannya, Maria berharap dapat semakin membuka banyak lapangan pekerjaan untuk bagian online marketer, graphic designer, content creator dan social media manager seiring dengan terus berkembangnya penjualan Proven Sprei secara online di Shopee. Ia juga ingin fokus untuk membesarkan bisnisnya di Shopee, baik lokal maupun global, dengan harapan dapat semakin meningkatkan lagi penjualan dan omset harian dari Proven Sprei.