Mendesak, Integrasi Industri dengan Teknologi Digital

  • Whatsapp
Mendesak, Integrasi Industri dengan Teknologi Digital
Integrasi Industri dengan Teknologi Digital

Surabaya, Memo |

Sudah mendesak, semua pelaku usaha harus mengintegrasikan industri dengan kemajuan teknologi digital. Integrasi keduanya dalam rangka untuk mengefisiensi dan mengefektifkan pengembangan industri kecil dan menengah.

Bacaan Lainnya

Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak menghadiri Workshop E-Smart Logam Mesin Elektronika dan Alat Angkut (LMEA) Jawa Timur yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal IKMA Kementerian Perindustrian secara daring pada Senin (21/6/2021).

Dalam kesempatannya, Emil menyampaikan pentingnya integrasi industri dengan digital untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas.

Emil berharap dengan adanya workshop tersebut ada langkah konkret bagi pelaku IKM dalam upaya mengintegrasikan E-Smart.

“Kami berharap betul workshop hari ini bisa mengidentifikasi secara konkret apa saja kira-kira langkah-langkah yang bisa diambil pelaku IKM untuk mengintegrasikan E-Smart tadi,” jelasnya.

“Dimulai dari paling hilir misalnya pemasaran kemudian ke hulu juga misalnya dalam hal supply chance sourcing. Hal-hal ini akan bisa dilakukan dengan lebih efisien lagi kalau kita bisa memaksimalkan bisnis proses yang berbasis digital,” tambahnya.

loading…

Suami Arumi Bachsin tersebut juga menuturkan pentingnya teknologi digital akan memungkinkan persaingan yang lebih luas.

“Kadang-kadang banyak yang merasa bahwa ya sudah begini saja, padahal sebenarnya bertahan saja belum tentu bisa survive, karena teknologi digital ini semakin memungkinkan persaingan yang lebih luas,” tuturnya.

Terakhir, Emil mengutarakan bahwa Pemprov Jatim siap bersinergi dengan Kementerian Perindustrian dalam upaya mendorong E-Smart bagi pelaku IKM.

“Semoga acara hari ini akan berlanjut dengan langkah-langkah konkret dan terukur, kami dari pemprov tentunya senantiasa selalu siap untuk bersinergi,” pungkasnya

Pos terkait