“Untuk menilai dampaknya, kita perlu melakukan penelitian lebih lanjut tentang perkembangannya. Jika dampaknya besar, penjual akan mengeluh,” kata Edy.
Edy juga menyatakan harapannya terhadap platform perdagangan online di masa depan, yaitu agar tidak ada pihak yang merugi baik penjual maupun konsumen. Dia berharap agar kedua belah pihak saling mendukung untuk mengembangkan perekonomian bangsa.
Oleh karena itu, UMKM harus siap menjadi penjual yang sukses dengan mempersiapkan produk terbaik mereka.
“Dari sisi platform, sebagai pasar yang menghubungkan penjual dan pembeli, sudah seharusnya memberikan peringatan kepada penjual: ‘persiapkan barang yang baik, jangan sampai kita sudah capek ternyata barang harus dikembalikan.’ Jadi ada bimbingan di sana,” tutup Edy.
Tantangan dan Harapan Program Garansi Pengembalian Shopee: Perspektif UMKM