Kehadiran fitur ini juga bertujuan untuk meminimalisasi potensi kesalahan baca meter. Khususnya bagi kondisi atau lokasi meter pelanggan yang sulit dibaca oleh petugas. Selain itu, bagi pelanggan listrik yang rumahnya benar benar menjaga privasi, dengan pagar tinggi, bisa memanfaatkan fitur canggih ini melalui aplikasi android, New PLN Mobile.
WhatsApp 08122123123
Selain di New PLN Mobile, PLN juga menyediakan layanan Baca Meter Mandiri melalui WhatsApp di nomor 08122123123, sehingga pelanggan dapat melakukan pelaporan mandiri pada tanggal 24-27 setiap bulannya.
Apabila pelanggan belum melaporkan secara mandiri melalui SwaCAM atau Whatsapp, serta lokasi atau kondisi meter pelanggan sulit dibaca oleh petugas, maka sebagai alternatif akhir PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan pemakaian sebagai dasar perhitungan rekening listrik
Alternatif akhir tersebut dilakukan guna mengantisipasi lonjakan tagihan, ketika petugas PLN sudah bisa membaca stand meter di lokasi pelanggan. Aplikasi New PLN Mobile sendiri kini tersedia untuk platform Android dan IOS. ( ed )