Cara Membangun Bisnis Sampingan Mulai Dari Nol

Cara Membangun Bisnis Sampingan Mulai Dari Nol

Memo.co.id
Banyak orang bermimpi untuk sukses dalam hidup mereka, meraih impian-impiannya, dan membahagiakan orang-orang yang dicintai. Namun, seringkali modal yang terbatas atau bahkan tidak memiliki modal menjadi hambatan dalam membangun bisnis. Namun, hal tersebut tidak menghalangi kemungkinan untuk memulai bisnis sampingan dari nol.

Berikut adalah beberapa poin penting yang disampaikan dalam video tersebut:

Bacaan Lainnya

Menentukan Impian dan Komitmen

Saat masih muda, penting untuk memiliki impian dan komitmen yang kuat terhadap kesuksesan. Impian tersebut harus realistis dan dapat dicapai dengan usaha dan perjuangan.

Mencari Peluang Bisnis Sampingan

Meskipun memiliki pekerjaan utama, cari peluang bisnis sampingan di luar jam kerja, seperti menjual produk, menjadi agen asuransi atau properti, atau melakukan pemasaran dan distribusi. Gunakan waktu luang, seperti sore hari, akhir pekan, dan liburan untuk meraih impian-impian tersebut.

Meningkatkan Kemampuan

Selain memiliki keinginan kuat, meningkatkan kemampuan juga penting. Investasikan waktu dan sumber daya dalam belajar skill teknis (technical skill), seperti bahasa, matematika, ekonomi, atau keterampilan teknologi informatika. Selain itu, soft skill, seperti kepemimpinan, komunikasi, kerja tim, dan pola pikir yang positif juga perlu dikuasai.

Membaca Buku Pengembangan Diri

Buku-buku pengembangan diri dapat menjadi sumber inspirasi dan pengetahuan yang berharga dalam membangun bisnis. Beberapa buku yang direkomendasikan adalah “The Magic of Thinking Big”, “Beyond Talent”, “Your Map for Success”, “Why Winners Win”, “Feeling Forward”, dan “Developing The Leader Within You”.

Mengatasi Kekurangan dan Rintangan

Selama perjalanan membangun bisnis, pasti akan ada kekurangan dan rintangan. Namun, dengan semangat pantang menyerah dan belajar dari kegagalan, kekurangan tersebut dapat diatasi. Jangan takut untuk mencoba dan terus belajar dari pengalaman.

Pos terkait