Example floating
Example floating
EKONOMI

Presiden Jokowi Gandeng Bansos Rp11,2 Triliun Saat Pemilu

×

Presiden Jokowi Gandeng Bansos Rp11,2 Triliun Saat Pemilu

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi Gandeng Bansos Rp11,2 Triliun Saat Pemilu
Presiden Jokowi Gandeng Bansos Rp11,2 Triliun Saat Pemilu
Example 468x60

MEMO

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengumumkan program bantuan sosial (bansos) baru dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai Rp11,2 triliun selama kampanye Pemilu 2024. Langkah ini diambil untuk mengatasi risiko kekurangan pangan di kalangan masyarakat miskin.

Example 300x600

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menegaskan bahwa program ini telah diarahkan untuk memberikan bantuan selama tiga bulan, yakni Januari, Februari, dan Maret 2024, dengan kemungkinan perpanjangan jika terbukti bermanfaat.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan alokasi anggaran sebesar Rp11,25 triliun untuk BLT bansos, dengan setiap penerima menerima Rp200 ribu per bulan yang akan disalurkan sekaligus pada bulan Februari 2024.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk Masyarakat Miskin Diumumkan Jelang Pemilu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan program bantuan sosial (bansos) terbaru dalam periode kampanye Pemilu 2024. Program bansos ini berupa bantuan langsung tunai (BLT) dengan alokasi dana sejumlah Rp11,2 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan bahwa BLT bansos ini ditargetkan untuk membantu masyarakat miskin dalam menghadapi risiko kekurangan pangan. “Keputusan pemerintah untuk memberikan bantuan BLT dengan fokus mitigasi risiko pangan untuk tiga bulan,” ungkapnya di Kantor Kemenko Perekonomian pada hari Senin (29/1).

Menurut Airlangga, bantuan ini akan disalurkan selama tiga bulan, yaitu pada bulan Januari, Februari, dan Maret tahun 2024. Meski demikian, ada potensi perpanjangan masa bantuan jika terbukti memberikan manfaat yang signifikan bagi warga miskin. “Program ini direncanakan untuk tiga bulan dan akan dievaluasi lagi setelah periode tersebut berakhir,” jelasnya.

Sri Mulyani Ungkap Rincian BLT Rp11,25 Triliun

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa alokasi anggaran untuk bansos BLT ini mencapai Rp11,25 triliun. Ia menjelaskan bahwa setiap penerima bantuan akan menerima sejumlah Rp200 ribu setiap bulannya, yang akan disalurkan secara sekaligus pada bulan Februari 2024.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.