Example floating
Example floating
Pemerintahan

Ini Rahasia Peningkatan Layanan Sosial, Data Jadi Kuncinya!

×

Ini Rahasia Peningkatan Layanan Sosial, Data Jadi Kuncinya!

Sebarkan artikel ini
Ini Rahasia Peningkatan Layanan Sosial, Data Jadi Kuncinya!
Ini Rahasia Peningkatan Layanan Sosial, Data Jadi Kuncinya!
Example 468x60

MEMO

Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan pentingnya menjaga kualitas data sebagai langkah peningkatan layanan kesejahteraan sosial di Kementerian Sosial (Kemensos). Hal ini disampaikannya dalam acara sosialisasi di Sentra “Dharma Guna” Bengkulu dengan tema “Sinergitas Program Kesejahteraan Sosial untuk Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Asesmen Terintegritas dan Bantuan ATENSI.” Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat dari wilayah kerja Sentra “Dharma Guna” dan berlangsung dari 25 hingga 27 Juli 2023.

Example 300x600

Acara Sosialisasi di Sentra ‘Dharma Guna’ Bahas Sinergitas Program Kesejahteraan Sosial

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, telah mengajukan permohonan kepada seluruh staf di Kementerian Sosial (Kemensos) untuk secara konsisten dan terus-menerus menjaga kualitas data sebagai langkah untuk meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial. Data yang valid memiliki peran krusial dalam peningkatan layanan yang diberikan oleh Kementerian Sosial kepada kelompok rentan, yaitu Penerima Manfaat (PM).

Bertempat di Sentra “Dharma Guna” di Bengkulu, Kemensos mengadakan acara sosialisasi dengan tema “Sinergitas Program Kesejahteraan Sosial untuk Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Asesmen Terintegritas dan Bantuan ATENSI.” Acara ini diadakan di Aula Pertemuan Kantor Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, dan berlangsung dari tanggal 25 hingga 27 Juli 2023.

Berbagai pejabat hadir dalam kegiatan ini, termasuk Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, dan Pendamping Sosial dari 10 Kabupaten/Kota yang masuk dalam wilayah kerja Sentra “Dharma Guna” di Bengkulu.

Dalam sambutannya, Kepala Sentra “Dharma Guna,” Syam Wuryani, menyampaikan bahwa Kemensos melakukan pendataan secara simultan setiap tahunnya. Pendataan ini dilakukan melalui asesmen terintegrasi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas data, yang pada akhirnya berdampak pada akurasi dan kecepatan pemberian bantuan kepada PPKS (Penerima Pelayanan Kesejahteraan Sosial).

Pada tahun 2023, Sentra “Dharma Guna” di Bengkulu, Kemensos menargetkan untuk melakukan asesmen terhadap 6.150 PPKS. Target tersebut mencakup 2.050 klaster anak, 2.050 penyandang disabilitas, dan 2.050 lanjut usia.

Syam Wuryani juga mengajak semua peserta hadirin agar membangun sinergitas antar lembaga, mengurangi ego sektoral, dan mengutamakan kepentingan umum, termasuk sinergitas antarpilar sosial seperti Taruna Siaga Bencana (Tagana), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pendamping Rehsos, Karang Taruna, dan kelompok relawan lainnya.

Bupati Rejang Lebong: Sinergitas Antarlembaga Kunci Keberhasilan Penanganan Masalah Sosial

“Sesuai arahan dari Ibu Mensos, mari kita hilangkan sekat-sekat antarorganisasi dengan kepentingan masing-masing, termasuk di antara pilar sosial dan kelompok relawan. Saatnya kita bekerja sama dengan semangat kesetiakawanan sosial demi memberikan kinerja terbaik dalam menyelesaikan permasalahan sosial di lapangan,” ungkap Syam dalam keterangannya pada Kamis, 27 Juli 2023.

Data yang valid merupakan dasar penting untuk menghindari berbagai bentuk manipulasi yang dapat mengakibatkan bantuan yang tidak tepat sasaran. Oleh karena itu, para petugas asesmen dituntut untuk bersikap profesional dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan asesmen demi validasi data yang akurat.

Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Syamsul Effendi, yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyatakan bahwa Kemensos memiliki komitmen yang tinggi dalam memberikan pelayanan kepada PPKS dan menangani berbagai permasalahan sosial.

Untuk mencapai kinerja yang optimal, diperlukan koordinasi, komunikasi, dan sinergitas di antara instansi terkait. Kegiatan seperti sosialisasi ini bukanlah hal baru, namun harus dilakukan secara rutin agar lebih efektif.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.