Optimasi harga, adalah strategi mengoptimalkan harga yang paling tepat. Paling tepat untuk menyeimbangkan antara volume dengan profit. Seimbang berarti, ketika menurunkan harga dengan harapan menaikkan volume, tetapi tetap profit.
4. Fokus Pada Attitude, dalam Mengembangkan Bisnis
Skiil sangat perlu, tapi lebih perlu attitute. Fokus pada attitude, jangan vokus pada skiil. Penampilan positip, murah senyum dan suka menyapa calon konsumen dan enak menjawab ketika konsumen menyampaikan pertanyaan, pasti menjadi harapan paling utama , dalam memberikan layanan ke konmsumen.
Dibanding skill, tentu saja berbeda. Skill atau keahlian memang diperlukan. Namun, vokus pada skiil akan mengabaikan attitude. Namun, jika vokus pada attitude, pasti skiil bisa ditingkatkan, seiring perjalanan waktu dan pengalaman.
5. Fokus Kerja 24 Jam, dalam Mengembangkan Bisnis
Berbisnis dengan memanfaatkan waktu 24 jam, memang berbeda. Operasionalnya sangat besar dan membutuhkan investasi yang lebih besar pula. Namun, fokus pikiran pada jam kerja 24 jam, memberikan nilai plus kepada konsumen.
Anda bisa bayangkan, setiap bisnis dimulai dengan jam 7.00. Sementara, ada konsumen yang membutuhkan pada 6.50 WIB, apa yang Anda lakukan. Demikian juga pada saat jam beroperasi sudah tutup. Bisa jadi, konsumen yang membutuhkan produk Anda, di luar jam tersebut, memberi nilai minus terhadap produk Anda.
Fokus pada pikiran 24 jam full, memberi arti positif, dibanding kompetitor Anda. Setiap bisnis memiliki kompetitor. Tidak salah, bila fokus 24 jam, sebagai langkah positip memenangkan persaingan dengan kompetitor.
Lima fokus pikiran ini menjadi powerfull, bila selalu ada dalam pikiran setiap pelaku usaha. Konsumen membutuhkan produk dan jasa yang memiliki kelebihan di banding produk serupa. Memberi solusi yang lebih dan memberi manfaat yang lebih, dengan harga kompetitip. Itulah perlunya 5 fokus pikiran yang harus tertanam dalam setiap pikiran pelaku usaha. Cara mengembangkan bisnis ini, tidak bisa optimal bila tidak dibarengi dengan keseriusan serta fokus ( ed )