28 Mahasiswa UNM Lolos Seleksi MSIB Kampus Merdeka

  • Whatsapp
28 Mahasiswa UNM Lolos Seleksi MSIB Kampus Merdeka
banner 468x60

Jakarta, Memo  -28 Mahasiswa UNM Lolos Seleksi MSIB Kampus Merdeka- – Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil lolos program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka 2021.

Penyelenggara MSIB Kampus Merdeka 2021 ini adalah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI) yang bekerja sama dengan mitra-mitra profesional.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 28 mahasiswa dari Universitas Nusa Mandiri (UNM) lolos setelah melalui proses seleksi ketat dari mitra. Seleksi berupa tes teknis dan wawancara untuk Program Magang serta tes tertulis untuk Studi Independen.

Mahasiswa yang telah lolos program MSIB berasal dari Fakultas Teknologi Informasi, Prodi Sistem Informasi sebanyak delapan orang  lulus program Studi Independen Bersertifikat (SIB) dan delapan  orang  lolos program Magang Bersertifikat (MB). Sedangkan dari Prodi Informatika tercatat ada delapan  mahasiswa yang lolos program MB dan empat  orang  ikut di program Studi Independen (SIB).

Dr Dwiza Riana, rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM) turut bangga atas lolosnya 28 mahasiswa UNM  dalam program MSIB Kampus Merdeka 2021.

“Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka ini, merupakan program yang banyak diminati oleh mahasiswa. Ada ribuan mahasiswa yang applied dari 315 kampus PTN dan PTS di seluruh Nusantara dan hanya mahasiswa terpilihlah yang registered (didaftarkan),” ungkapnya kepada media, Jumat (20/8).

Sementara itu, Muhammad Faisal selaku kepala Nusa Mandiri Career Center (NCC) Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengatakan, kegiatan magang ini akan berlangsung satu hingga dua semester. Pelaksanaan magang maupun studi independen itu ditentukan oleh mitra perusahaan.

“Dari total 28 mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang lolos, bergabung dengan 18 mitra perusahaan. Yakni, Glints academy-industry project exploration without technical learning, PT Microsoft Indonesia, PT Citi Asia International, PT Pilihanmu Indonesia Jaya, PT Hacktivate Teknologi Indonesia, PT Andromedia Surabaya, Kompas Gramedia, Agate International-Game Development Course and Bootcamp, Think.Web, PT Mitra Semeru Indonesia, Bank CIMB Niaga, Skilvul (PT Impactbyte Teknologi Edukasi), PT XL Axiata, PT Lazada Indonesia, PT Orbit Ventura Indonesia, Balitbang SDM Kementerian Kominfo dan Metrodata Academy,” paparnya.

Ia menjelaskan bahwa, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) melakukan pendaftaran program MSIB ini pada link https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/, yang dibuka sejak 26 Juli hingga 31 Juli 2021 dengan melihat ketersediaan yang dibutuhkan.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh PTN/PTS.

“Selama mengikuti program MSIB yang akan dimulai pada tanggal 23 Agustus 2021 hingga 23 Februari 2022 mendatang, mahasiswa akan memperoleh rekognisi atau konversi 20 SKS, baik dalam kompetensi teknis (hard skills) maupun kompetensi non-teknis (soft skills),” jelas Faisal.

Mahasiswa yang lolos program MSIB dari Prodi Informatika dan mengikuti program magang di Perusahaan Skilvul ada dua orang yaitu Dika Rizky Akbar dan Christoper Fernandez Zefanya.

Sedangkan, Daniel Eka Putra dan Alsatika Wulansari dari Prodi Sistem Informasi akan melaksanakan program Magang posisi Backend Programmer di PT Citi Asia International dengan periode magang di 23 Agustus 2021 hingga 23 Februari 2022.

“Untuk Wahyudi Chrisdianto mahasiswa Prodi Sistem Informasi,  penempatan magang di PT Pilihanmu Indonesia Jaya (FullStack Programmer). Sementara Gusti Wahyudin mahasiswa Prodi Informatika magang di posisi Soft Skill Programme for Contact Center Agent by Personal Branding. Keduanya mulai magang 23 Agustus 2021 hingga 5 Februari 2022,” tandasnya.

loading…

Selanjutnya, tercatat juga dua orang mahasiswa Prodi Informatika, Ardi Cahyono penempatan magang di PT XL Axiata dan Alwinur Hafidz lolos magang di PT Lazada Indonesia sebagai Account Management Intern.

“Ada juga Amalia Istiqomah, satu-satunya mahasiswa Prodi Sistem Informasi yang diterima magang di Kompas Gramedia dan May Fransisca dari Prodi Sistem Informasi akan magang sebagai UI/UX Designer di PT Andromedia Surabaya. Mereka akan mulai magang 1 September 2021 hingga 28 Februari 2022,” katanya.

Kemudian, ada Izni Nur Karima dan Reza Septa Kusuma keduanya dari Prodi Informatika yang sama-sama diterima magang di perusahaan Think.web dengan penempatan sebagai Programmer-Coder for Good, dan satu orang dari Sistem Informasi yaitu Dwi Aryani dengan program yang sama. Ketiganya mulai magang 23 Agustus 2021 hingga 31 Januari 2022.

“Berikutnya, sebanyak empat orang, semuanya dari Prodi Sistem Informasi diterima di PT Microsoft Indonesia dalam Studi Independen Program – Cloud Fundamental Track, yakni Nia Kurniasih, Ade Meliyani, Putri Chintya, dan Falih Nur andino. Mereka akan mulai belajar pada 23 Agustus 2021 hingga 17 Desember 2022,” lanjutnya.

Lalu, ada Rangga Kori Lesmana lolos dalam program Studi Independen akan full belajar Android with Java Native di perusahaan Hacktivate Teknologi Indonesia.  Sementara  Uswatun Hasanah akan mengikuti program Magang di tempat yang sama. Keduanya dari Program Studi Sistem Informasi. Kedua Program ini juga dimulai 23 Agustus 2021 hingga 23 Februari 2022.

“Baharudin dari Prodi Sistem Informasi dan Endra Dwi Jamaludin dari Prodi Informatika akan mengikuti Game Development Course and BootCamp Studi Independen di Agate International, salah satu game developer terbaik di Indonesia dan program ini dimulai pada 23 Agustus 2021 sampai 20 Januari 2022,” terangnya.

Terakhir, Muhammad Idz Away Fashly, Desy Rizka Ramadan, Destria Ayu Ramadhan dari Prodi Informatika, ketiganya akan mengikuti program Studi Independen di tiga tempat berbeda yaitu PT Mitra Semeru Indonesia, Balitbang SDM Kementerian Kominfo, dan Metrodata Academy. Kemudian Afan Dayu Laksono (Glints Academy), Euis Inayah (PT Orbit Ventura Indonesia) dari Prodi Sistem Informasi diterima dalam program yang sama yakni Program Studi Independen Bersertifikat (SIB) yang akan dimulai pada tanggal 23 Agustus 2021 hingga 25 Januari 2022.

Pada kesempatan berbeda, Ummu Radiyah selaku kepala unit Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) mengungkapkan harapannya agar mahasiswa/i Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang terpilih dapat memanfaatkan kesempatan emas ini.

“Program Kampus Merdeka 2021 yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim ini bertujuan agar mahasiswa dapat belajar lebih serius di luar kampus dan meningkatkan kemampuan sesuai bakat dan minat sebagai persiapan karir masa depan,” katanya, diwawancarai terpisah, Kamis (19/8).

Tak lupa, tim NIC dan tim NCC mengucapkan selamat kepada mahasiswa Universitas Nusa Mandiri  (UNM) yang telah lolos program MSIB.

“Selamat pada mahasiswa yang telah lolos, persiapkan diri dengan manajemen waktu yang sebaik-baiknya. Semoga kesempatan ini bisa menambah ilmu pengetahuan, mengasah bakat serta menjadi pengalaman berharga, dapat terjun langsung di tengah-tengah mitra profesional yang terpilih dan tergabung dengan Kemendikbud Ristek,” tutup Ummu.

 

Pos terkait