Jakarta, Memo
Aplikasi New PLN Mobile. PLN tengah mempersiapkan aplikasi ‘New PLN Mobile’, pengembangan dari aplikasi lama dengan banyak fitur baru yang akan mempermudahkan pelanggan listrik mengelola kebutuhannya.
Uji Coba Aplikasi New PLN Mobile ke Semua Pegawai PLN, Dirilis ke Publik Awal Tahun 2021
Hari ini, Rabu, 24 Juni 2020, aplikasi tersebut diuji coba secara internal oleh seluruh pegawai PLN untuk memperoleh masukan serta usulan sehingga nantinya saat dirilis bisa menanggapi apa yang selama ini jadi tuntutan pelanggan.
“Pelanggan hari ini merupakan pelanggan yang berbeda dengan 5 ataupun 10 tahun lalu. Yang tidak ingin berubah serta tidak ingin mendengar, akan ditinggalkan pelanggan. Dan bisnisnya tidak akan berkembang.
Melalui PLN Mobile kemudahan memperoleh layanan
Melalui PLN Mobile ini, kami akan membagikan pengalaman baru kepada pelanggan, tentang kemudahan memperoleh layanan listrik, menyampaikan keluhan, termasuk membayar tagihan bulanan,”kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam penjelasan resmi, Rabu (24/6).
Dia menambahkan, New PLN Mobile ini nantinya akan lebih inovatif dari sisi tampilan serta kemudahan pemakaian. Pembelian token listrik, pasang sambungan baru, tambah daya, ataupun membayar tagihan, tidak butuh ke mana-mana lagi. Hanya dari aplikasi ini.
Bisa Diketahui Perbaikan dan Pemutusan Jaringan
“Bahkan di aplikasi yang telah kami perbarui ini, notifikasi bila terdapat pemutusan jaringan listrik sebab pemeliharaan, pelanggan telah dapat mengetahui terlebih dulu. Dan itu di-customized cuma pada pelanggan yang terdampak saja informasi itu diberikan. Itu sebab kami memakai teknologi geospatial, sehingga posisi tiap pelanggan bisa dikenal, serta informasi apa yang paling mereka butuhkan bisa dikelola secara akurat,” tambah Zulkifli.
Lapor Melalui Aplkasi Online
Dari aplikasi yang sama, pengaduan kendala pula cukup dilaporkan memakai aplikasi. Apabila terdapat petugas PLN yang hendak melayani, posisinya telah sampai di mana, berapa lama lagi akan datang, semua bisa dilacak dari aplikasi ini.
Zulkifli juga menerangkan, pihaknya membuat terobosan ini, agar pelanggan serta warga pengguna listrik mempunyai pengalaman yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. “Pelanggan merupakan raja yang wajib dilayani sebaik-baiknya. Tanpa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, bisnis PLN tidak akan tumbuh,” ujarnya.
Melalui Aplikasi Tuntaskan Semua Kebutuhan Satu Genggaman
Ke depan, lanjut Zulkifli, fitur-fitur baru juga akan terus dikembangkan bersamaan dengan layanan yang dapat disediakan oleh PLN lebih banyak. Misalnya, sambungan internet atau stasiun pengisian mobil listrik. Juga tidak menutup kemungkinan akan sediakan layanan yang lain demi memberikan kepuasan kepada pelanggan.
“Singkatnya, ini merupakan aplikasi yang menuntaskan seluruh kebutuhan dalam satu genggaman,” pungkas Zulkifli. (ARM)