Kabar gembira datang dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya! Mereka mencatatkan angka fantastis dalam melayani masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran 2025. Selama periode angkutan Lebaran yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025, Daop 8 Surabaya telah mengantarkan dan menerima sebanyak 968.214 pelanggan setia.
Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengungkapkan bahwa dari total angka tersebut, sebanyak 481.903 pelanggan memulai perjalanan mereka dari wilayah Daop 8 Surabaya, sementara 486.311 pelanggan tiba di berbagai stasiun di bawah naungannya.
“Jumlah penumpang yang berangkat mengalami peningkatan sebesar 3,2 persen jika dibandingkan dengan periode Lebaran tahun sebelumnya, di mana tercatat sebanyak 466.612 pelanggan,” jelas Luqman dalam keterangannya pada Minggu (13/4/2025).
Pihaknya juga merinci sejumlah kota tujuan yang menjadi primadona bagi para pemudik selama periode tersebut. Jakarta menjadi destinasi teratas dengan 52.803 pelanggan, disusul Yogyakarta dengan 35.334 pelanggan. Kemudian, Semarang menarik minat 28.082 pelanggan, Bandung sebanyak 13.051 pelanggan, serta Ketapang dengan 6.025 pelanggan.
Lebih lanjut, Luqman memaparkan daftar kereta api jarak jauh yang paling banyak digunakan oleh para penumpang. KA Sancaka dengan tujuan Yogyakarta menjadi yang terpopuler dengan 36.866 pelanggan. Diikuti oleh KA Ambarawa Ekspres dengan tujuan Semarang yang melayani 34.643 pelanggan, serta KA Airlangga dengan tujuan Pasar Senen yang mengangkut 21.108 pelanggan.
Selain itu, KA Kertajaya juga menjadi pilihan favorit dengan 19.814 pelanggan, KA Jayabaya sebanyak 15.357 pelanggan, KA Probowangi 14.484 pelanggan, KA Pasundan Tambahan 14.200 pelanggan, KA Tawangalun 11.884 pelanggan, KA Matarmaja 11.453 pelanggan, serta KA Jayakarta sebanyak 10.326 pelanggan.