Ini Rahasia Daun Ketumbar untuk Tingkatkan Kesehatan Anda

Ini Rahasia Daun Ketumbar untuk Tingkatkan Kesehatan Anda

MEMO,Jakarta:  Siapa sangka, daun ketumbar atau cilantro memiliki banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan kita? Penelitian terbaru membuktikan bahwa tanaman yang seringkali diabaikan ini dapat meredakan migrain, menurunkan risiko penyakit jantung, melawan infeksi bakteri dan jamur, bahkan mengurangi risiko kanker! Tidak hanya itu, daun ketumbar juga dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengatasi gangguan pencernaan.

Simaklah lebih lanjut untuk mengungkap manfaat kesehatan dari daun ketumbar yang mungkin selama ini tersembunyi dari pandangan kita.

Bacaan Lainnya

Manfaat Luar Biasa Daun Ketumbar: Meredakan Migrain hingga Cegah Kanker

Manfaat daun ketumbar atau cilantro bagi kesehatan sangat beragam, meskipun jarang digunakan dalam masakan Indonesia karena bijinya lebih populer.

Mengungkap 7 Manfaat Kesehatan Daun Ketumbar yang Tak Terduga

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari daun ketumbar yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Meredakan Nyeri dan Migrain

Daun ketumbar telah lama digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sakit kepala, gejala alergi, dan luka bakar. Beberapa penelitian, seperti yang dilakukan oleh International Journal of Biomedical Science pada tahun 2015, menunjukkan bahwa daun ketumbar efektif dalam meredakan migrain. Frekuensi, keparahan, dan durasi migrain dapat berkurang dengan penggunaan daun ketumbar.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Risiko penyakit jantung dapat meningkat akibat pembentukan bekuan darah dalam pembuluh darah. Namun, penelitian dalam jurnal Current Cardiology Reviews menyatakan bahwa daun ketumbar memiliki potensi untuk menurunkan risiko ini. Ekstrak daun ketumbar dapat menghambat pembentukan gumpalan darah, sehingga aliran darah menjadi lancar dan risiko penyakit jantung berkurang. Lebih lagi, ekstrak biji ketumbar juga dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga tekanan darah tetap normal dengan meningkatkan pengeluaran air dan garam melalui urine.

3. Membantu Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

Manfaat lain dari daun ketumbar adalah kemampuannya dalam melawan infeksi bakteri dan jamur. Beberapa zat aktif dalam daun ketumbar dapat membunuh bakteri Salmonella enterica yang menyebabkan keracunan makanan. Selain itu, daun ketumbar juga efektif melawan bakteri penyebab demam tifoid dan infeksi saluran kemih. Minyak esensial dari daun ini juga terbukti dapat mencegah infeksi jamur Candida Albicans.

4. Menurunkan Gula Darah

Baik daun maupun biji ketumbar bermanfaat bagi orang yang perlu mengontrol gula darah. Zat aktif dalam daun dan biji ketumbar dapat meningkatkan aktivitas enzim glikogen sintase, glikogen fosforilase, dan enzim-enzim glukoneogenik. Fungsi dari enzim-enzim tersebut adalah untuk mengeluarkan gula berlebih dari darah, sehingga kadar gula darah dapat terkontrol dengan lebih baik.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Pos terkait