Sebagai wujud sinergi BUMN, BLANJA.com yang merupakan satu – satunya e-commerce BUMN hadir memberikan pembekalan tentang dunia e-commerce, Rieka Handayani selaku Head of Public Relations BLANJA.com dan Ketua Bidang Humas Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menjelaskan betapa penting digitalisasi UMKM, dimana pengaruh penerapan teknologi digital pada pertumbuhan bisnis pada umumnya sudah tak terbantahkan.
Belanja secara online juga memungkinkan bagi pembeli untuk membandingkan harga dan kualitas barang secara mudah di antara para penjual yang ada. Belum lagi toko online bisa dijangkau dari mana saja, orang dari berbagai daerah bahkan lintas negara bisa menjangkaunya.
“Selain berdasarkan prioritas, implementasi digital pada bisnis kita jangan pula terburu – buru, jangan dalam sesaat sekaligus meninggalkan offline-nya. Buatlah tahapan transisi, misalnya mayoritas pemasaran dan penjualan tetap offline, tetapi lengkapi dengan online, belajar, adaptasi, dan usahakan terus tingkatkan porsi online. Perlu penyesuaian pada produk agar bisa menjangkau golongan pembeli, adaptasi pola produksi, pola inventory, dan seterusnya.
Dengan begitu ketika pesanan datang dan produk mulai laku kita tidak akan kelabakan memenuhi pembelian. Perlu diingat, bahwa dengan pemasaran digital, produk kita bisa dijangkau oleh pasar yang lebih luas.” ujar Rieka Handayani di sesi diskusi kepada pelajar, mahasiswa dan pelaku UMKM Kota Malang bersamaan dengan JNE, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang serta pelaku UMKM Kota Malang dan owner CV Kajeye Food – So Kressh .( yon )