Mengejutkan! Panglima TNI Prihatin, Remaja Abaikan Warisan Seni Indonesia

Mengejutkan! Panglima TNI Prihatin, Remaja Abaikan Warisan Seni Indonesia

MEMO,JAKARTA:    Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, mengungkapkan keprihatinannya atas rendahnya minat remaja terhadap seni tradisional Indonesia.

Hal ini terungkap saat acara Hari Wayang Nasional 2023, yang diselenggarakan oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi), menyoroti fenomena Festival Dalang Anak dan kegiatan seni budaya lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam konteks ini, Yudo pun menyoroti pentingnya mengangkat dan melestarikan kekayaan budaya bangsa demi generasi mendatang.

Festival Wayang Nasional 2023, Apa yang Bikin Panglima Geleng-geleng Kepala

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, menunjukkan kekhawatiran atas kurangnya minat remaja terhadap seni tradisional Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Yudo saat menerima kunjungan Ketua II Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Pusat, yaitu Teguh W Cokronegoro.

Panglima menerima laporan dari pengurus Pepadi yang menginformasikan tentang acara Hari Wayang Nasional 2023 yang akan diadakan. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung secara serempak di 78 titik di seluruh Indonesia.

UNESCO Akui Wayang Kulit sebagai Kekayaan Budaya Indonesia yang Terancam Punah

“Dengan senang hati, saya menyambut kegiatan Festival Dalang Anak. Kegiatan yang diadakan oleh Pepadi ini menjadi salah satu acara penting dalam peringatan Hari Wayang Nasional 2023,” ungkapnya, seperti yang diberitakan oleh Puspen TNI pada Sabtu (29/7/2023).

Peringatan Hari Wayang Nasional 2023 akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik, termasuk Festival Dalang Anak, Panggung Wayang Nusantara, Kirab Semar, Pameran Wayang, Bazaar UMKM Kerakyatan, dan Pagelaran Wayang.

Selanjutnya, Yudo juga menyatakan kesediaannya untuk tampil dalam pementasan panggung wayang yang akan digelar di 78 titik Indonesia Merdeka dengan cerita Banjaran Bimo. Panggung Wayang tersebut direncanakan akan diadakan di Plaza Mabes TNI Cilanglap, Jakarta Timur.

Pos terkait