GusBaha Ungkap Alasan Pentingnya Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia

GusBaha Ungkap Alasan Pentingnya Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia

Memo.co.id

Sebuah video yang diunggah oleh akun @ChanelChahSantri di YouTube, menampilkan ceramah terbaru dari GusBaha mengenai pentingnya mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal dunia. Dalam video tersebut, GusBaha menegaskan bahwa tidak ada aliran dalam Islam yang membantah bahwa doa dapat sampai kepada mayit.

Bacaan Lainnya

Meskipun ada beberapa kritik terhadap praktek tahlil dan doa untuk mayit, GusBaha menegaskan bahwa keyakinan tersebut adalah bagian dari keyakinan ulama seluruh dunia.

GusBaha menjelaskan bahwa ajaran mengenai doa yang sampai kepada mayit diajarkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad. Roh seseorang tidak mati saat jasadnya meninggal, karena roh tidak pernah mati. Roh ini menghadapi berbagai tantangan dan ujian selama kehidupannya di dunia.

GusBaha menyoroti bahwa cerita-cerita yang menganggap roh selesai setelah kematian, seperti dalam kepercayaan Kejawen, sebenarnya bertentangan dengan ajaran agama.

Dalam diskusi dengan para ulama, terdapat perdebatan mengenai istilah “roh” itu sendiri, namun apapun istilahnya, roh bukanlah makhluk seperti halnya langit dan bumi yang memiliki dimensi fisik.

Pos terkait