Seratus Peserta Ikuti Event Sepekan Pancasila Yang Digelar Bakesbangpol Pemkab Kediri

oleh
sepakan pancasila

sepakan pancasila

Kediri, Memo.co.id

Sedikitnya seratus peserta eks paskibraka yang terdiri dari pelajar SMA SMK dan MA se Kabupaten Kediri mengikuti acara Sepekan Pancasila yang digelar oleh Bakesbangpol Pemkab, di ruang Joyoboyo Kediri. Acara yang dibuka oleh Sekda Kabupaten Kediri H Supoyo, SH tersebut dalam rangka memperingati Hari kelahiran Pancasila.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri H.Supoyo, SH. M.Si membuka kegiatan Sepekan Pancasila dengan tema “Peningkatan Wawasan Kebangsaan dalam Rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi penerus Bangsa tentang Hari Lahir Pancasila. ” Pancasila sebagai Ideologi Negara, sudah berulang kali mengalami ujian yang sangat berat, antara lain saat ini adanya Gerakan Radikalisme, Terorisme, Penistaan Agama, yang berupaya merusak Ke Bhineka Tunggal Ika-An dan sendi – sendi nilai yang terkandung didalam
Pancasila,” kata Supoyo.

Poin yang kedua didalam Era Globalisasi adalah era Transformasi, Teknologi Informasi, sehingga dapat berakibat berpengaruhnya cara pandang mayoritas masyarakat khususnya kaum muda, dimana cara pandang dalam kesadaran Berbangsa dan Berbahasa adalah kesamaan social yang tumbuh dari kebudayaan, dengan aspirasi perjuangan masa lampau, serta kebersamaan dalam menghadapi tantangan dimasa kini.

Untuk itulah diperlukan suatu wawasan Kebangsaan yang berupakan pemahaman bersama terhadap Bangsa dan Negara Indonesia, pemahaman tersebut harus sama pada setiap anak bangsa, meskipun berbeda latar belakang pendidikan, pengalaman serta jabatan.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Kediri Drs. Mujahid, MM mengucapkan rasa syukur kepada anak-anak semua, sebagai calon pemimpin masa depan sebagai calon tokoh hari esok. Pekan panutan ini sebetulnya sudah kita mulai dari tanggal 29 Mei 2017 hingga tanggal 4 Juni 2017. Saya akan mempertegas terkait dengan Filosofi Pancasila dan Implementasi Pancasila di dalam Kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sekarang ada pertanyaan, peringatan hari Lahir Pancasila pada tahun 2017 ini, dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2017. Komitmen Pemerintah tidak perlu diragukan lagi. Banyak upaya yang telah dan terus dilakuan. Pengembangan pendidikan etika dan moral, serta berbagai program lainnya menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Dalam rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila ini, telah menetapkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentan Unit Kerja Presiden untuk pembinaan ideologi Pancasila. ” Lembaga baru ini adalah kepanjangan tangan dari Presiden RI yang bersama seluruh komponen bangsa memperkuat pengamalan Pancasila yang menjadi bagian integral dari pembangunan ekonomi, sosial, politik, dan kebudayaan,” jelas Mujahid. ( adv / Kominfo )