Buaya Besar dengan Panjang 5 Meter, Telan Manusia dan Masuk Perangkap Warga

oleh

Kalimantan, Memo.co.id

Warga di Desa Sebangau Besar kalimantan tengah dihebohkan dengan keberadaan biaya besar yang baru menelan manusia. Buaya ter5sebut masuk perangkat warga setempat. Buaya besar berjenis kelamin jantan dengan ukuran 5 meter tertangkap warga dan masuk perangkap. Buaya berukuran besar tersebut diburu warga karena sebelumnya menelan manusia.

Tim Rescue Rekasi Cepat BKSDA Kalimantan tengah, Muhammad Hifzu Irsada membenarkan penangjkapan warga dengan cara melakukan pembujatan perangkap seadanya. Buaya tersebut berukuran besar dengan perut dalam kondisi membesar. Di duga dalam perut berisikan jasat manusia. Seekor buaya jantan sepanjang 5,18 m dan lebar 70 cm ditangkap di sungai di Desa Sebangau Besar, Kalimantan Tengah. Hewan ini diburu petugas dan warga karena diduga memangsa seorang warga.

“Betul, sudah ditangkap oleh petugas bersama masyarakat,” kata petugas Tim Rescue Reaksi Cepat BKSDA Kalimantan Tengah, Muhammad Hifzi Irsada. BBKSDA Kalteng dalam penjelasannya menyatakan buaya berukuran besar ini diyakini memangsa Aman, warga RT 02 RW 01 Desa Sebagau Jaya, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan. Sebelum diterkam buaya, Aman saat itu sedang mencari udang di Muara Sungai Sebangau Besar, Kabupaten Pulang Pisau.

BKSDA mengatakan warga merasa terbantu atas tertangkapnya buaya ini. Hingga hari ini, warga sudah tenang beraktivitas sebagai nelayan. Warga sempat berhenti beraktivitas di sungai selama hampir 2 minggu karena trauma dan takut dimangsa buaya. ( ed )